Tribun

Reuni 212

Polisi: 500 Massa Mencoba Merangsek Masuk ke Patung Kuda saat Reuni 212

Reuni 212 telah selesai digelar setelah dilakukan imbauan dari pihak kepolisian untuk membubarkan diri.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Johnson Simanjuntak
Polisi: 500 Massa Mencoba Merangsek Masuk ke Patung Kuda saat Reuni 212
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat ditemui awak media di Taman Pandang, Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Reuni 212 telah selesai digelar setelah dilakukan imbauan dari pihak kepolisian untuk membubarkan diri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyampaikan personel gabungan sempat menghalau ratusan massa yang hendak memaksa masuk ke kawasan Patung Kuda.

Sebanyak 500 orang peserta aksi Reuni 212 yang hendak menuju ke titik lokasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat dicegah aparat dan sudah membubarkan diti.

"Tadi pagi pukul 10.00 Wib, sempat ada sekitar 500 orang yang merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan Reuni 212. Mereka mencoba masuk ke wilayah Patung Kuda namun dicegah petugas,"kata Zulpan kepada wartawan, Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Zulpan memambahkan, peserta Reuni 212 tersebut sebelumnya sempat berkumpul terlebih dahulu di jalan Wahid Hasyim, Kebin Sirih.

Emak-emak peserta Reuni 212 marahi anggota Brimob yang membubarkan aksi mereka di perempatan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12/2021). 


Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Lagi Orasi Diminta Bubar, Emak-emak Peserta Aksi 212 di Thamrin Malah Marahi Brimob, https://jakarta.tribunnews.com/2021/12/02/lagi-orasi-diminta-bubar-emak-emak-peserta-aksi-212-di-thamrin-malah-marahi-brimob.
Penulis: Satrio Sarwo Trengginas | Editor: Elga H Putra
Emak-emak peserta Reuni 212 marahi anggota Brimob yang membubarkan aksi mereka di perempatan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (2/12/2021). Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Lagi Orasi Diminta Bubar, Emak-emak Peserta Aksi 212 di Thamrin Malah Marahi Brimob, https://jakarta.tribunnews.com/2021/12/02/lagi-orasi-diminta-bubar-emak-emak-peserta-aksi-212-di-thamrin-malah-marahi-brimob. Penulis: Satrio Sarwo Trengginas | Editor: Elga H Putra (Tribun Jakarta/Satrio Sarwo)

Namun, langkah mereka ditahan dan diberikan imbauan agar membubarkan diri oleh personel gabungan yang berjaga disana.

Baca juga: Diduga Jadi Titik Kumpul Massa Aksi Reuni 212, Islamic Center Bekasi Kosong Melompong 

"Jadi sempat terpantau kalau mereka berkumpul di jalan Wahid Hasyim beberapa saat. Namun setelah diberikan pemahaman terkait dengan aturan hukum dan dampak-dampaknya yang bisa terjadi jika mereka melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda," katanya.

Polisi memperingatkan kepada massa Reuni 212 itu apabila memaksa merangsek masuk akan dikenakan sanksi pidana.

Namun, setelah diberikan imbauan mereka pun berangsur membubarkan diri dan menghentikan perjalanannya ke arah Patung Kuda.

"Ini akan mendapat sanksi apabila tetap memaksakan kehendak. Tapi, syukur alhamdulillah masyarakat bisa paham dan setelah itu membubarkan diri," lanjutnya.

Dalam imbauan itu, ke-500 peserta yang dihalau itu tidak ditahan maupun diproses pidana. Sebab, massa sangat kooperatif saat diberi imbauan petugas untuk membubarkan diri.

"Sehingga dari mereka tidak ada yang ditahan, ataupun diperiksa, ataupun dikenakan sanksi pidana, tidak ada. Mereka semua kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Zulpan juga melaporkan perkembangan situasi di lokasi Reuni 212.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, sudah tidak ada lagi kerumunan peserta reuni yang hadir maupun hendak memasuki kawasan Patung Kuda.

"Setelah itu kami pantau hingga dengan saat ini tidak ada lagi kerumunan masyarakat, tidak ada lagi masyarakat yang ingin memasuki wilayah Patung Kuda untuk melaksanakan reuni," tutup Zulpan.

Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas