Tribun

Erupsi Gunung Semeru

Pemprov DKI Kirim 8 Truk Bantuan Logistik dan 60 Personel, Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga.

Editor: Dewi Agustina
Pemprov DKI Kirim 8 Truk Bantuan Logistik dan 60 Personel, Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru
Pemprov DKI
Pemprov DKI Jakarta kirim logistik dan personel untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirim sebanyak 8 truk yang mengangkut bantuan berupa logistik untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, bantuan logistik yang dikirimkan berupa kasur, tempat tidur velbed, perlengkapan rumah tangga, dan kipas angin sesuai dengan kebutuhan warga di lokasi bencana.

Bersamaan dengan pengiriman bantuan logistik, Pemprov DKI juga memberangkatkan 60 anggota perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru.

Mereka terdiri dari anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Tagana Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik).

"Begitu ada musibah erupsi Gunung Semeru, kita kontak dengan BPBD Kabupaten Lumajang, dan koordinasi dengan baik menanyakan kondisi lapangan, serta kebutuhan apa yang diperlukan untuk bisa membantu warga di sana. Ada sebanyak delapan truk yang memuat kebutuhan yang akan kita serahkan kepada Kabupaten Lumajang," kata Sabdo, Senin (6/12/2021).

Pengiriman bantuan ini merupakan wujud kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan daerah lain di Indonesia dalam misi kemanusiaan.

Khususnya, untuk Kabupaten Lumajang yang saat ini sedang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Basarnas Evakuasi Lima Jenazah Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

Sementara itu, Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin menuturkan kolaborasi dalam bentuk misi kemanusiaan ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang menjadi korban dan terdampak erupsi Gunung Semeru.

Ia berpesan, agar personel Satpol PP bisa diimplementasikan fungsi perlindungan masyarakat dengan baik di lokasi terdampak bencana.

"Misi kita membawa barang-barang logistik dan sebagainya sampai ke lokasi, silakan menyesuaikan kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di sana. Tetap jaga keselamatan dan kekompakan Anda semua. Tidak ada kegiatan yang mandiri, ini misi kemanusiaan membantu saudara yang terkena musibah. Jadi semua kegiatan terkoordinir dan terawasi dengan baik,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul DKI Kirim Bantuan Logistik dan 60 Personel Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas