Tribun

Formula E

Sirkuit Formula E Dibangun di Ancol Berbentuk Kuda Lumping, Panjang Lintasan 2,4 Kilometer

Kawasan Ancol dipilih sebagai lokasi Formula E karena tertutup sehingga tak mengganggu fasilitas publik.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sirkuit Formula E Dibangun di Ancol Berbentuk Kuda Lumping, Panjang Lintasan 2,4 Kilometer
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Gambaran sirkuit Formula E di Taman Impian Jaya Ancol berbentuk Kuda Lumping. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kawasan Ancol, Jakarta Utara resmi jadi lokasi sirkuit balap mobil listrik Formula E pada Juni 2022 mendatang.

Pemilihan Ancol sebagai lokasi kegiatan Formula E World Championship 2022 karena dianggap ikonik dan tak mengganggu fasilitas umum.

"Untuk ajang Formula E yang Insha Allah akan digelar pada Bulan Juni mendatang, berdasarkan keputusan dan assessment bersama FEO (Formula E Operations) dan FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), lokasinya sudah ditentukan yaitu di daerah Ancol, Jakarta Utara. Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami adalah venue yang ikonik, khas Jakarta, namun sesuai dengan standar FEO dan FIA," kata Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni dalam konferensi persnya, di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Diketahui kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Sudirman sebelumnya jadi opsi sirkuit Formula E, namun lokasi tersebut dinilai terbuka sehingga dibutuhkan penutupan beberapa hari untuk proses pengerjaan sirkuit maupun saat pelaksanaan acara.

Sehingga kawasan Ancol dipilih karena menimbang tertutup sehingga tak mengganggu fasilitas publik.

"Seperti kita ketahui, jika diadakan di area Gelora Bung Karno maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan hal itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas," ujarnya.

Lebih lanjut, proses pengerjaan sirkuit Formula E akan dibangun mengikuti spesifikasi FEO dan FIA. Sirkuit ditargetkan rampung pada April 2022.

"Track E-Prix adalah track jalan raya, jadi spesifikasinya mirip jalan raya. Lokasi pembuatan track sudah relatif padat dan rata, sehingga pengerjaan track akan dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya untuk paddock, stage dan grandstand sifatnya semi permanen sehingga hanya perlu satu bulan saja untuk bongkar pasang," ujar Sahroni.

Dalam sketsa desain sirkuit Formula E yang diterima Tribun diketahui memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer, lebar 12 meter dan 18 tikungan.

Baca juga: Formula E Bakal Digelar di Ancol, PSI: Ini Acara Balap Mobil Internasional, bukan Bom-Bom Car

Nantinya sirkuit dibuat dengan arah lintasan searah jarum jam dan memiliki panjang 600 meter untuk trek lurus.

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ditargetkan selesai dibangun pada April 2022 dan berbentuk kuda lumping.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro), Widi Amanasto memberikan alasan mengapa sirkuit formula E berbentuk seperti kuda lumping.

Kata Widi hal tersebut berkenaan dengan budaya nasional asli Indonesia.

"Filosofi kuda lumping ini kan budaya nasional," katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas