Tribun

Sidang Pencemaran Nama Baik Pendiri Kaskus,Hakim Putuskan Vonis Bebas Jack Boyd dan Titi Sumawijaya

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang putusan kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Lapian

Penulis: Fandi Permana
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sidang Pencemaran Nama Baik Pendiri Kaskus,Hakim Putuskan Vonis Bebas Jack Boyd dan Titi Sumawijaya
Istimewa
Majelis memutuskan dua terdakwa kasus pencemaran nama baik, Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Lapian dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang putusan kasus pencemaran nama baik dengan terdakwa Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Lapian.

Hakim Ketua Elfian membacakan keputusan Pidana No. 1139/Pid. B/2019/PN. Jkt. Sel, kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan pendiri Kaskus Andrew Darwis dengan terdakwa I Titi Sumawijaya dan terdakwa II Jack Boyd Lapian.

Dalam putusannya, hakim menilai Titi Sumawijaya dan Jack Boyd Lapian keduanya tidak terbukti melakukan pencemaran nama baik.

"Menyatakan Terdakwa I Titi Sukmawijaya Empel dan Terdakwa II Jack Boyd Lapian tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana Dakwaan Alternatif Pertama Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI Nomor 19 tahun 2016."

Baca juga: Senin Pekan Depan Eks Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Akan Jalani Sidang Tuntutan

"YTentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Dakwaan Alternatif Kedua Pasal 311 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP maupun Dakwaan Alternatif Ketiga Pasal 310 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," kata Elfian saat membacakan putusan sidang, Senin (17/1/2022).

Oleh karena itu, hakim menuntut kedua terdakwa dibebaskan dari segala tuduhan dan memulihkan hak sebagai terdakwa.

"Menuntut Terdakwa I Titi Sukmawijaya Empel dan Terdakwa II Jack Boyd Lapian karena tidak terbukti bersalah dengan tuntutan dibebaskan dan memulihkan hak-hak sebagai terdakwa," ucap Elfian.

Melalui putusan itu, Jack Lapian dan Titi Sumawijaya dibebaskan dari seluruh dakwaan jaksa. Serta memulihkan hak dan harta martabatnya.

Baca juga: Seorang Duda di Bekasi Jadi Tersangka Karena Lecehkan Anak Pengidap Autisme

Hakim juga menilai pernyataan Jack Lapian dan Titi Sumawijaya bukan merupakan pencemaran nama baik dalam kasus yang dilaporkan Andrew Darwis. Pernyataan itu dinilai sebagai upaya untuk menyampaikan laporan polisi Titi Sumawijaya terhadap Andrew Darwis agar segera diproses di Polda Metro Jaya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas