Tribun

Rumah Pompa Jadi Solusi Warga Kampung Malang Cengkareng Hadang Banjir Rutin

Wilayah Kampung Malang, Cengkareng Barat, Jakarta Barat selalu digenangi banjir di musim penghujan.

Editor: Toni Bramantoro
Rumah Pompa Jadi Solusi Warga Kampung Malang Cengkareng Hadang Banjir Rutin
ist
Hadang Banjir Rutin, Rumah Pompa Jadi Solusi Warga Kampung Malang Cengkareng 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wilayah Kampung Malang, Cengkareng Barat, Jakarta Barat selalu digenangi banjir di musim penghujan.

Bahkan di saat hujan tak turun pun, air dari selokan kerap luber menggenangi jalan di kampung yang ramai dengan lalu lintas kendaraan roda dua.

Kampung yang terletak di belakang perumahan Taman Palem Lestari, Cengkareng Barat ini memang sudah langganan banjir, air semata kaki, dengkul bahkan hingga paha orang dewasa sudah biasa menggenangi rumah-rumah penduduk.

Dan banjir ini pun kembali melanda Kampung Malang pada Selasa (18/1/2022) setelah hujan turun deras selama dua jam.

Pada pukul 15.00 WIB, air sudah menggenangi wilayah itu setinggi 30 cm. Bahkan banjir terlihat sampai pintu masuk Taman Palem Lestari. Beberapa pengendara motor memutar balik meski ada yang menerobos dengan menuntun kendaraannya.

"Biasanya kita sedot menggunakan pompa mandiri untuk nyedot air dan di buang ke saluran air Taman Palem, tapi pompanya ini sering rusak," ujar Ketua RT 01/07, Endeh.

Akibat rusaknya pompa mandiri ini, air pun tak bisa disedot untuk dibuang ke saluran air. Hingga sore hari pun air terus menggenangi kawasan tersebut.

Hal ini mengundang warga RW 15 Taman Palem Lestari yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Kampung Malang ini tergerak.

Dimotori tokoh masyarakat RW 15, Kan Hiung dan Ketua RW 15 Yohannes Effendi, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko dihubungi.

"Setelah berkoordinasi dengan RT/RW setempat, kami telepon langsung Pak Walikota, dan respon beliau cepat. Hanya 15 menit saja, Camat Cengkareng datang ke lokasi diperintahkan Pak Walikota untuk mengecek keadaan," ujar Kan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas