Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dibakar Massa Usai Demo 11 April, Begini Kondisi Terkini di Pos Polisi Pejompongan

Polsubsektor Pejompongan, Jakarta Pusat, dibakar massa Aksi 11 April 2022. Pembakaran itu membuat pos polisi tersebut mengalami kerusakan.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dibakar Massa Usai Demo 11 April, Begini Kondisi Terkini di Pos Polisi Pejompongan
Tribunnews.com/Reza Deni
Polsubsektor Pejompongan, Jakarta Pusat, dibakar massa Aksi 11 April 2022. Pembakaran itu membuat pos polisi tersebut mengalami kerusakan di sejumlah titik. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polsubsektor Pejompongan, Jakarta Pusat, dibakar massa Aksi 11 April 2022.

Pembakaran itu membuat pos polisi tersebut mengalami kerusakan.

Tribunnews menyambangi pos polisi yang berada di seberang Menara BNI dan Gedung BPK RI itu, Selasa (12/4/2022).

Tampak garis polisi membentang di sepanjang halaman pos polisi itu. Di bagian depan, warna hitam mendominasi dinding. Bagian plafon ruang depan terlihat jebol sebagian.

Pecahan kaca masih menancap di jendela depan pos tersebut, sementara serpihannya berserakan di lantai.

Memutar ke arah kiri pos tersebut, pintu belakang juga mengalami kerusakan. Kaca pintu belakang tersebut pecah.

BERITA TERKAIT

Meski demikian, warna dinding di area belakang pos polisi tersebut tak sehitam bagian depan.

Diketahui, Polres Metro Jakarta Pusat tengah menyelidiki penyebab terbakarnya Polsubsektor Pejompongan, Tanah Abang dalam demo di Gedung DPR RI kemarin.

Baca juga: Penampakan Pospol Pejompongan yang Dibakar, Polisi Lakukan Olah TKP

Hingga saat ini, polisi sudah menangkap sejumlah orang dalam aksi pembakaran pos polisi Pejompongan. Pos polisi itu jadi sasaran keberingasan massa dan dibakar tak lama setelah demonstrasi di Gedung DPR RI yang berakhir ricuh.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Wisnu Wardhana mengatakan, pihaknya sudah mengamankan ada 17 orang. Ketujuh belas orang itu tengah diperiksa guna didalami keterangannya.

"Kami sudah mengamankan beberapa orang. Sementara kami terus dalami keterangan mereka. Total yang sudah kita amankan ada kurang lebih 17 orang," kata Wisnu di Pos Polisi Pejompongan, Selasa (12/4/2022).

Meski begitu, Wisnu belum membeberkan lebih lanjut terkait identitas orang-orang yang menjadi terduga pelaku tersebut. Sebab, status mereka saat ini masih dalam rangka pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Kami dalami dulu. Kami punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status yg kita amankan," ucap dia.

Sebagai informasi, Polres Metro Jakarta Pusat bersama Puslabfor Polri melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Polsubsektor Pejompongan.

Puslabfor Mabes Polri bersama Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat melakukan olah TKP di bangunan Pospol Pejompongan yang dibakar massa saat berlangsung unjuk rasa mahasiswa, Selasa (12/4/2022). Dalam kasus ini petugas berhasil mengumpulkan berbagai barang bukti serta mengamankan 17 orang terkait pembakaran Pospol tersebut. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Puslabfor Mabes Polri bersama Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat melakukan olah TKP di bangunan Pospol Pejompongan yang dibakar massa saat berlangsung unjuk rasa mahasiswa, Selasa (12/4/2022). Dalam kasus ini petugas berhasil mengumpulkan berbagai barang bukti serta mengamankan 17 orang terkait pembakaran Pospol tersebut. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Sejumlah sampel telah diambil untuk diteliti lebih lanjut oleh Puslabfor Polri.

"Jadi sudah diambil beberapa sampel barang bukti di pospol untuk hasilnya nanti akan segera disampaikan oleh Puslabfor kepada kami," imbuh Wisnu.

Menurut Wisnu, barang bukti yang diamankan itu di antaranya kabel, pecahan kaca dan beberapa benda di dalam pospol. Tidak hanya itu, rekaman kamera CCTV di sekitar lokasi juga akan diteliti untuk penyelidikan lebih lanjut agar diketahui penyebab kebakaran itu.

"Sampel di dalam yang diamankan labfor itu ada jejak abu kemudian barang barang yang ada di dalam semacam kabel, kaca sampel yang diambil. Semua sudah kami lakukan pengumpulan barang bukti baik itu CCTV maupun keterangan saksi saksi, rekaman video itu sudah kami ambil," tutup Wisnu. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas