Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sterilisasi Saat Peringatan Jumat Agung, Polisi Siagakan Tim Gegana di Gereja Katedral Jakarta

Maulana menyatakan kegiatan sterilisasi area ini akan dilakukan secara berkala yaitu setiap kali akan dimulainya sesi peribadatan .

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Sterilisasi Saat Peringatan Jumat Agung, Polisi Siagakan Tim Gegana di Gereja Katedral Jakarta
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Aparat kemanan dari jajaran kepolisian sedang melakukan Apel jelang tugas menjaga keamanan peribadatan Jumat Agung rangkaian Trisuci Paskah di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Jumat (15/4/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aparat kepolisian melakukan sterilisasi di Gereja Katedral Jakarta saat peribadatan Jumat Agung dalam rangkaian Tri Suci Paskah.

Sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Maulana Mukarom mengatakan pagi tadi pihaknya telah menerjunkan jajaran Tim Gegana yang melakukan pengecekan langsung di dalam area Gereja Katedral.

"Juga ada rekan-rekan Gegana dari Jibom yang sudah melaksanakan steriliasi pada pukul 08.00," kata Maulana kepada awak media, Jumat (15/4/2022).

Maulana menyatakan kegiatan sterilisasi area ini akan dilakukan secara berkala yaitu setiap kali akan dimulainya sesi peribadatan .

Baca juga: Hari Suci Paskah, Polisi Sebut Belum Ada Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Gereja Katedral Jakarta

Kata dia siang nanti tim Gegana akan kembali memasuki area Gereja Katedral sekitar pukul 14.30 WIB sebelum sesi ibadah secara hybrid dilakukan.

BERITA TERKAIT

"Nanti mungkin sblm melakukan ibadah sore akan dilakukan sterilisasi ulang," ucap dia.

Maulana menyebut, setidaknya ada 100 personel gabungan antara TNI-Polri dibantu Satpol PP yang menjaga keamanan sekitaran Gereja Katedral.

Keseluruhan anggota tersebut kata dia, nantinya akan dibagi dengan menjaga keseluruhan pintu masuk dan keluar Gereja.

"Seperti pintu utama pintu 3 yang rekan-rekan bisa lihat pintu utama masuk para jemaah yang akan melaksanakan ibadah di Gereja Katedral lalu ada pintu 5 dan 6 di situ juga ada anggota yang melakukan penjagaan," kata Maulana.

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo memastikan pihaknya belum menerapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Hal itu mengingat adanya rangkaian Hari Suci Paskah yang sudah dimulai pada Jumat (15/4/2022) ini hingga Minggu (17/4/2022).

"Belum ada pengalihan arus lalu lintas," kata Sambodo saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Jumat (15/4/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas