Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, Polda Metro Jaya Tutup Akses Tol Dalam Kota dan Tanjung Priok

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersiap menghadapi lonjakan arus balik mudik Lebaran 2022 yang hendak kembali ke Ibu kota.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Antisipasi Arus Balik ke Jakarta, Polda Metro Jaya Tutup Akses Tol Dalam Kota dan Tanjung Priok
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ilustrasi.Sejumlah kendaraan melintas di Ruas Tol Cawang, Jakarta Timur, Jumat (28/8/2015). Rencananya sebanyak 6 ruas jalan tol dalam kota Jakarta (69,77 km) akan dibangun untuk menghubungkan sejumlah titik di DKI Jakarta. Diantaranya Sunter-Semanan, Sunter-Pulo Gebang, Duri Pulo-Kampung Melayu, Kemayoran-Kampung Melayu, Ulujami-Tanah Abang dan Pasar Minggu-Casablanca. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersiap menghadapi lonjakan arus balik mudik Lebaran 2022 yang hendak kembali ke Ibu kota.

Untuk itu, polisi menutup ruas Tol Dalam Kota dan Tol Priok ke arah ke Tol Cikampek pada Jumat (6/5/2022) mulai pukul 10.45 WIB.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik ke Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan  penutupan akan dilakukan di mulai dari Gerbang Tol Cawang.

"Pukul 10.45 Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang. Akses menuju Tol Cikampek lewat Tol JORR," kata Sambodo dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Sambodo menambahkan, penutupan akses ke arah Tol Cikampek ini dilakukan karena arus kendaraan menuju arah Timur terpantau masih cukup tinggi.

"Penutupan dilakukan untuk mengurangi arus ke arah timur yang masih cukup tinggi," ucap Sambodo.

Baca juga: Arus Balik Mulai Terlihat, Polisi Berlakukan Contraflow di Tol Cikampek Utama hingga Karawang Barat

BERITA REKOMENDASI

Sebagai informasi, Korlantas Polri bakal menerapkan skema one way atau satu arah saat arus balik Lebaran mulai pukul 14.00 WIB nanti.

Sistem satu arah diberlakukan mulai dari Tol Kalikangkung Semarang KM 414 hingga Tol Jakarta-Cikampek KM 47

"Jajaran sudah diperingatkan untuk persiapkan segala sesuatu jelang pukul 14.00 WIB nanti akan kita buka keran dari Kalikangkung menuju barat dengan one way," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam pesan tertulisnya kepada wartawan.

Sebagaimana diketahui, tanggal 6-8 Mei 2022 diperkirakan menjadi puncak arus balik mudik Lebaran 2022.

Polda Metro Jaya memprediksi Gerbang Tol Halim akan menjadi titik macet utama pada puncak arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Polisi memperkirakan ada 1,2 juta kendaraan yang nanti akan lewat Gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk dari arah timur Kota Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas