Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rute KRL Jabodetabek Berubah, PT KAI Beri Penjelasan

Rute KRL Jabodetabek berubah, simak alasan dari PT KAI. Artikel ini juga dilengkapi dengan jadwal terbaru KRL dan peta rutenya.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Rute KRL Jabodetabek Berubah, PT KAI Beri Penjelasan
Warta Kota/Yulianto Anto
Nampak KRL sedang melintas di jalur Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (27/5/2022) menuju Stasiun Serpong. Rencana pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai menyebabkan rute perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuterline rute Bekasi atau Cikarang menuju Jakarta Kota mengalami perubahan mulai 28 Mei 2022. Warta Kota/YULIANTO - Rute KRL Jabodetabek berubah, simak alasan dari PT KAI. Artikel ini juga dilengkapi dengan jadwal terbaru KRL dan peta rutenya. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan kepada seluruh pengguna KRL agar memperhatikan kembali perubahan pola operasi perjalanan KRL mulai Sabtu, 28 Mei 2022.

Perubahan terjadi pada rute perjalanan KRL lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo, serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

"Pengguna KRL dari Bekasi/Cikarang ke arah Jakarta Kota yang sebelumnya menggunakan satu perjalanan, sekarang harus melakukan transit di stasiun Manggarai."

"Begitu pula pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai," kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam rilis yang diterbitkan situs resmi PT KAI, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Penumpang KRL Keluhkan Perubahan Rute di Stasiun Manggarai: Ruwet, Capek

Alasan Perubahan Rute KRL

Perubahan rute KRL ini terkait adanya pelaksanaan Switch Over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT KAI.

Switch Over ke-5 ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KAI Group di Stasiun Manggarai yaitu perjalanan KA Jarak Jauh, KRL Jabodetabek, maupun KA Bandara.

BERITA TERKAIT

KAI mendukung penuh pekerjaan Switch Over ke-5 ini sebagai bagian dari pengembangan Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang yang merupakan Proyek Strategis Nasional.

Dengan adanya perubahan ini, transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai akan lebih aman karena sudah tidak perlu lagi menyeberang antar rel.

Cukup naik dan turun lantai menggunakan tangga, eskalator, dan lift yang telah disediakan.

Kecepatan perjalanan KRL juga meningkat dari 70 km/jam menjadi 90 km/jam pada lintas Manggarai - Jakarta Kota dan menjadi 95 km/jam pada lintas Cikarang/Bekasi – Jatinegara.

Jadwal dan Peta Rute Terbaru KRL Commuter

Link download peta rute stasiun KRL di wilayah Jabodetabek dan Merak yang mulai berlaku 28 Mei 2022 klik di sini.

Link unduh jadwal KRL Jabodetabek format pdf klik di sini.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas