Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jalur Contraflow di Depan Mall Grand Cakung Berlaku Mulai 13 Juni, Simak Tips Aman Berkendara

Jalur Contraflow di Depan Mall Grand Cakung (Jakarta Timur) berlaku mulai 13 Juni 2022, simak tips aman berkendara di jalur Contraflow.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Jalur Contraflow di Depan Mall Grand Cakung Berlaku Mulai 13 Juni, Simak Tips Aman Berkendara
JASA MARGA
Jasa Marga bersama Polda Metro Jaya memberlakukan contraflow di Jalan Tol Dalam Kota di ruas Cawang-Semanggi mulai Senin (13/2/2017). --- Jalur Contraflow di Depan Mall Grand Cakung (Jakarta Timur) berlaku mulai 13 Juni 2022, simak tips aman berkendara di jalur Contraflow. 

TRIBUNNEWS.COM - Rekayasa lalu lintas Contraflow akan diterapkan di enam ruas jalan tol dalam kota segmen Kelapa Gading hingga Pulogebang, mulai Senin, 13 Juni 2022.

Contraflow ini akan berlaku pada hari Senin sampai Jumat, mulai jam 06.00 hingga 10.00 WIB.

Sementara hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional tidak diberlakukan Contraflow.

Hal ini disampaikan oleh manajemen Operasi PT JTD Jaya Pratama selaku pengembang Jakarta Toll road, dikutip dari Korlantas Polri.

Kanit lantas Polsek Cakung, AKP Eko Prihanto, mengonfirmasi, pihaknya kini sedang mensosialisasikan penerapan Contraflow tersebut di dalam wilayahnya.

“Benar, mulai 13 Juni 2022 besok, dengan resmi jalan di depan Mall Grand Cakung sampai dengan Perempatan Cakung-Cilincing akan diterapkan contra flow mulai posisi depan,” ujar Eko, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: 8 Sasaran Operasi Patuh 13-26 Juni 2022 di Seluruh Indonesia, Simak Besaran Denda bagi Pelanggar

Tujuan Contraflow

Contraflow di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jumat (29/4/2022).
Contraflow di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jumat (29/4/2022). (dok. Jasa Marga)
BERITA REKOMENDASI

Dalam keterangan resmi manajemen Operasi PT JTD Jaya Pratama, penerapan Contraflow ditujukan pada kepadatan lalu lintas selama waktu-waktu sibuk.

“Kepadatan yang terjadi di setiap jam puncak (peak hour) pagi (06.00–10.00 WIB) merupakan sasaran utama dalam pelaksanaan manajemen lalu lintas ini,” tulis PT JTD Pratama dalam keterangannya.

Pihak manajemen operasi PT JTD Jaya Pratama menyebut kebijakan Contraflow ini ditujukan untuk memperlancar arus lalu lintas yang lokasinya berada di kawasan Cakung-Pulo Gadung.

“Kami terapkan Contraflow guna meningatkan kelancaran lalu lintas jalan Bekasi Raya (Tepatnya kawasan Cakung-Pulo Gadung) termasuk juga mempermudah aksesibilitas masyarakat untuk menikmati akses jalan tol, PT JTD Jaya Pratama akan kembali memberlakukan Manajemen Lalu Lintas (Contraflow) yang akan dimulai pada 13 Juni 2022,” tambahnya.

Keputusan ini diambil setelah menimbang keberhasilan uji coba Contraflow yang dilaksanakan sebelumnya, yaitu pada tanggal 3-11 Februari 2022.

“Adapun berdasarkan ujicoba sebelumnya didapatkan bahwa penerapan ini cukup efektif dalam mengurai kepadatan lalu lintas dari mulai posisi depan Mall Grand Cakung s/d Perempatan CakungCilincing sebesar 20 % -24 % ,” jelasnya.

Baca juga: Sepanjang Maret-Juni 2022, ETLE Jaring 14 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di Medan

Pembagian Jalur Contraflow

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas