Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mulai 17 Juli 2022, Kapasitas KRL Jabodetabek Dapat Terisi 80 Persen

Kapasitas maksimum penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek dapat terisi hingga 80 persen mulai 17 Juli 2022.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mulai 17 Juli 2022, Kapasitas KRL Jabodetabek Dapat Terisi 80 Persen
Tribunnews.com/ Fersianus Waku
Suasana penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2022). Kapasitas maksimum penumpang kereta rel listrik (KRL) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dapat terisi hingga 80 persen mulai 17 Juli 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapasitas maksimum penumpang kereta rel listrik (KRL) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dapat terisi hingga 80 persen mulai 17 Juli 2022.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, ketentuan tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 57 Tahun 2022.

VP Corporate Secretary Anne Purba mengimbau untuk pengguna KRL yang membawa anak-anak khususnya balita, untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. 

Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL.

"Pelayanan KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta – Solo sesuai dengan SE No.72 ini diperkenankan melayani pengguna hingga 80 persen dari kapasitas, dengan tempat duduk dapat terisi penuh," ujar Anne saat dikonfirmasi, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Syarat Terbaru Naik KRL, Penumpang Wajib Divaksin

Sedangkan untuk pengguna KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diperkenankan melayani jumlah kapaitas pengguna paling banyak 100 % dari ketentuan.

BERITA TERKAIT

Dia mengatakan, ketentuan pelayanan penjualanan tiket KA Lokal perkotaan mencapai 100 persen untuk penjualan tiket dengan tempat duduk dan tambahan kuota 50 % penjualan tiket tanpa tempat duduk.

Saat ini operasional KRL Jobodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04:00 – 24:00 WIB dengan 1.081 perjalanan per harinya.

Baca juga: Penumpang KRL Sepanjang Juni 2022 Kembali Naik 7 Persen

Sementara, operasional KRL Yogyakarta – Solo juga tetap beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari pada hari kerja mulai pukul 05.05 – 18.30 WIB.

"Sedangkan untuk hari libur atau hari Sabtu dan minggu beroperasi sebanyak 24 perjalanan mulai pukul 05.05 – 20.17 WIB," ucap Anne.

Anne menambahkan, petugas juga akan selalu melakukan pengendalian jumlah pengguna KRL yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan pengguna terutama di jam-jam sibuk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas