Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sabu Cair Kemasan Liquid Vape dari Home Industri Dijual Lewat Online, Harganya Rp 200 Ribu per Botol

Kombes Pol Mukti Juharsa menyebut satu tersangka bernama Mochammad Rafi Khairullah (22) menjual barang yang sudah siap edar melalui online.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sabu Cair Kemasan Liquid Vape dari Home Industri Dijual Lewat Online, Harganya Rp 200 Ribu per Botol
Kolase Tribunnews
Seorang pemuda di Meruya, Jakarta Barat ditangkap karena diduga menjual sabu yang dikemas dalam bentuk liquid rokok elektronik atau vape. Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa menyebut satu tersangka bernama Mochammad Rafi Khairullah (22) menjual barang yang sudah siap edar melalui online. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya baru saja membongkar home industri pembuatan sabu cair yang dimas dalam botol liquid vape di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Mukti Juharsa menyebut satu tersangka bernama Mochammad Rafi Khairullah (22) menjual barang yang sudah siap edar melalui online.

"Pelaku juga menjual liquid sabu tersebut secara bebas di situs online miliknya," kata Mukti kepada wartawan, Senin (16/1/2023).

Baca juga: Gerebek Home Industri Narkoba, Polisi Temukan Sabu Cair Bentuk Liquid Vape Siap Jual di Jakarta

Mukti menerangkan jika tersangka menjual narkoba sabu cair itu dengan harga Rp200 ribu perbotolnya ke wilayah Jabotabek.

"Harga Rp200 ribu perbotolnya untuk ukuran 100 miligram. Jadi, dari pemeriksaan sementara, pelaku ini baru akan menjual liquid yang diproduksi ke sejumlah pemesan yang berada di Wilayah Jabotabek," ungkapnya.

Dari penggerebekan ini, ratusan botol liquid atau sabu cair disita. Bahkan, ada beberapa yang sudah siap diedarkan. 

BERITA TERKAIT

"Barang bukti sebanyak 385 botol dengan berat kurang lebih 16 liter. Siap edar dan sudah ada yang siap kirim juga," ucapnya.

Baca juga: Diduga Jual Sabu Cair dalam Bentuk Liquid Vape, Seorang Pemuda di Meruya Ditangkap Polisi

Sebelumnya, Tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bersama Ditjen Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta menggerebek home industri pembuatan narkoba sindikat Iran-China-Jakarta.

Penggerebekan itu dilakukan di sebuah rumah di Jalan Melati No.19 RT 012 RW 04, Meruya Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (14/1/2023) sekira pukul 15.45 WIB.

"Pengungkapan clandestine lab syndicate/ Iran-China (Hong Kong)-Jakarta. Joint Investigasi bersama antara Dit Resnarkoba PMJ dan Dirjen Beacukai Soetta, Kepala P2 (Penindakan dan Penyidikan)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu (14/1/2023).

Pengungkapan ini berawal dari adanya laporan masyarakat yang curiga soal rumah tersebut. Setelah melakukan penyelidikan, polisi akhirnya menangkap seorang tersangka bernama Mochammad Rafi Khairullah (22).

"Tersangka ditangkap di depan rumah. Dilakukan pemeriksaan urine hasilnya negatif," ucapnya.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Kenaikan Cukai Vape

Selain tersangka, lanjut Trunoyudo, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti yang di antaranya narkoba jenis sabu cair dalam liquid vape dari tangan tersangka.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas