Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tim Medis RS Mayapada: Kesadaran David Ozora Sudah Capai Nilai GCS 9 dari 15

Franz Pangalila mengatakan setelah 5 hari dirawat, tingkat kesadaran dari Cristalino David Ozora alami perkembangan signifikan.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tim Medis RS Mayapada: Kesadaran David Ozora Sudah Capai Nilai GCS 9 dari 15
YouTube Kompas TV
Kepala ICU RS Mayapada, Frans Pangalila saat konferensi pers terkait kondisi David, korban penganiayaan anak pejabat pajak yang bernama Mario Dendy Satriyo pada Selasa (28/2/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam RS Mayapada Hospital Kuningan, Franz Pangalila mengatakan setelah 5 hari dirawat, tingkat kesadaran dari Cristalino David Ozora alami perkembangan signifikan.

Saat ini tingkat kesadaran David berdasarkan ukuran Glasgow Coma Scale (GCS) sudah mencapai nilai 8 hingga 9 dari ukuran normal kesadaran manusia sebesar 15.

Sebagai gambaran, pada saat masuk ICU RS Mayapada tingkat kesadaran David ada di angka 4.

"Setelah memasuki 4-5 hari, bahwa dia mengalami perkembangan yang cukup signifikan, progresif," kata Franz dalam konferensi persnya, Selasa (28/2/2023).

"Pada saat dia masuk itu Glasgow coma scale (GCS), sekitar 4. Orang seperti kita itu nilainya 15. Dan sekarang ini dia sudah mencapai 8 sampai 9, ini perkembangan yang sangat signifikan," jelas dia.

Franz menyampaikan peningkatan kesadaran ini terjadi dalam waktu 4-5 hari setelah perawatan. Namun tim medis masih akan terus melakukan tindakan optimal untuk perawatan David.

"Ini terjadi dalam waktu 4-5 hari, tapi tetap kita terus lakukan tindakan optimal," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Ia pun berharap pada hari-hari berikutnya akan terjadi perbaikan kesehatan kepada David. Namun Franz belum bisa memastikan hingga kapan David bisa kembali sadar sepenuhnya. Tim dokter saat ini masih melakukan observasi sangat ketat terhadap kondisi kesehatan yang bersangkutan.

"Kita berharap ke depan makin baik lagi. Mau sampai kapan belum bisa kita pastikan," ungkap Franz.

Penganiayaan Terhadap David Ozora Oleh Anak Pejabat Pajak

Diketahui aksi penganiayaan dilakukan oleh salah satu pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan bernama Mario Dandy Satrio (20) terhadap anak petinggi GP Ansor, David Ozora (17).

Peristiwa penganiayaan itu terjadi di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023).

Awalnya, teman wanita Mario berinisial AGH yang menjadi sosok pertama yang mengadu  jika mendapat perlakuan kurang baik dari korban hingga memicu penganiayaan itu terjadi.

Namun, belakangan diketahui orang yang pertama memberikan informasi jika orang yang pertama kali memberikan informasi kepada Mario mengenai kabar temannya, AGH diperlakukan tak baik yakni temannya berinisial APA.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas