Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satu Sapi yang Kabur Akibat Kecelakaan Truk di GT Cengkareng Terpaksa Disembelih

Satu ekor sapi yang kabur buntut kecelakaan truk pengangkut 13 ekor sapi di Gerbang Tol Cengkareng ke Bandara Soekarno-Hatta terpaksa disembelih

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Satu Sapi yang Kabur Akibat Kecelakaan Truk di GT Cengkareng Terpaksa Disembelih
Ist
Satu sapi yang kabur akibat kecelakaan sebuah truk pengangkut belasan sapi di Gerbang Tol (GT) Cengkareng terpaksa disembelih di sebuah parit di kawasan Niaga Soewarna, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (17/3/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu ekor sapi yang kabur buntut kecelakaan truk pengangkut 13 ekor sapi di Gerbang Tol (GT) Cengkareng yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta terpaksa disembelih.

Kasat Lantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Bambang Askar Shodiq mengatakan posisi sapi yang hendak disembelih itu berada di sebuah parit di kawasan Niaga Soewarna Bandara Soekarno-Hatta karena sulit dievakuasi.

"Karena susah dilakukan evakuasi dengan alat, daripada sapi ini melakukan gerakan tambahan panggil pengurusnya ya dilakukan pemotongan," kata Bambang saat dihubungi, Jumat (17/3/2023).

Keputusan itu diambil agar tidak mengganggu atau terjadinya risiko dalam kenyamanan masyarakat.

"Ini pun ujung-ujungnya sapi akan dipotong juga, ini sapi akan dipotong di jagal di rumah pemotongan hewan," tuturnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan jika penyembelihan sapi tersebut dilakukan setelah adanya kesepakatan dari pemilik sapi.

"Iya ada kesepakatan, kita kan jangan sampe ada yang ini ya, kan pengurus kita panggil dia enggak bisa, enggak mampu ya sudah potong saja daripada permasalahan baru dan kita tidak ingin timbul permasalahan baru," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya diberitakan, sebuah truk bermuatan sapi kecelakaan di GT Cengkareng, Kamis (16/3/2023) malam.

Kecelakaan itu viral karena dua ekor sapi yang diangkut lepas dan berlari di jalan tol seperti yang diunggah akun Instagram @merekamjakarta.

Dari video yang diunggah, terlihat truk yang mengangkut 13 ekor sapi tersebut dalam posisi miring setelah menabrak di Gerbang Tol (GT) Cengkareng.

"Kecelakaan Truk muatan sapi ternak terbalik miring di GT Cengkareng 2 gardu kiri, Kamis (16/3/2023) malam. Akibatnya nampak sapi berkeliaran di ruas jalan tol hingga membuat kepadatan lalu lintas," demikian keterangan dalam unggahan tersebut.

Terkait itu, Kasat Lantas Polresta Bandara Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan kecelakaan tersebut terjadi akibat rem blong.

"Truk tersebut mengalami rem blong jadi daripada nabrak kendaraan saat bayar tol, akhirnya banting ke sisi kiri nabrak tap tol, berhenti, truk terguling," kata Bambang saat dihubungi, Jumat (17/3/2023).

Satu ekor sapi yang kabur, kata Bambang, sudah berhasil diamankan oleh petugas bersama warga di sekitar daerah Rawa Bokor tadi malam.

Sementara itu, satu ekor sapi lainnya kabur hingga ke kawasan niaga Soewarna Bandara Soetta.

Bambang menyebut sampai saat ini pihaknya masih berupaya mengevakuasi sapi tersebut.

Baca juga: HEBOH Truk Pengangkutnya Terguling, Sapi Berlarian di Jalan Tol Sedyatmo Arah Bandara Soekarno Hatta

"Sapi ini sudah stres, mungkin karena banyak orang, mulutnya berbusa. Sapi ini juga larinya jauh dari GT Cengkareng 2 sampai ke Soewarna, jauh itu," tuturnya.

Bambang menyampaikan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk Angkasa Pura II untuk proses evakuasi terhadap tersebut.

"Kita masih mencari cara yang tepat, karena dikhawatirkan sapi itu malah kabur lagi, kan bahaya kalau kabur ke jalan, atau malah masuk ke landasan pacu," ucap dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas