Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teridentifikasi Tinggal di Jakarta, Buronan Jepang Yusuke Yamazaki Pakai Nama Samaran

Polri mengidentifikasi seorang buronan jepang, Yusuke Yamazaki yang kabur ke Indonesia memakai nama samaran.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Teridentifikasi Tinggal di Jakarta, Buronan Jepang Yusuke Yamazaki Pakai Nama Samaran
Foto Kyodo
Kepolisian Jepang meminta bantuan kepolisian Indonesia untuk menangkap tersangka Yusuke Yamazaki (42) yang diduga telah kabur ke Indonesia. Yamazaki diduga kabur ke Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengidentifikasi seorang buronan jepang, Yusuke Yamazaki yang kabur ke Indonesia memakai nama samaran.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan Yusuke Yamazaki menggunakan nama Fukuda selama kabur di Indonesia.

"Terkait dengan buron warga negara Jepang atas nama Yusuke, saat ini telah terdeteksi menggunakan nama samaran atas nama Fukuda," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Ramadhan menyebut saat ini Yusuke Yamazaki pun terdeteksi tinggal di sejumlah apartemen di Jakarta.

Namun dia tidak merinci terkait hal tersebut.

"Dan terindikasi tinggal di beberapa apartemen di wilayah Jakarta," ucapnya.

Baca juga: Buronan Jepang Yusuke Yamazaki Terdeteksi Berada di Indonesia, Polri Masih Rahasiakan Keberadaannya

BERITA TERKAIT

Selain itu, Ramadhan mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Imigrasi guna menelusuri Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang digunakannya.

Dari sana diketahui bahwa Yamazaki memiliki seorang penjamin berwarga negara Indonesia berinisial E yang merupakan teman.

Penjamin sendiri diketahui adalah orang atau korporasi yang bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan orang asing selama berada di wilayah Indonesia.

"Didapatkan bahwa terdapat seseorang WNI bernama E yang merupakan penjamin yang bersangkutan," bebernya.

Saat ini, lanjut Ramadhan, pihaknya masih melakukan perburuan untuk menangkap Yusuke Yamazaki tersebut.

Sebagai informasi, Kepolisian Jepang meminta bantuan kepolisian Indonesia untuk menangkap tersangka Yusuke Yamazaki (42) yang diduga telah kabur ke Indonesia.

Yusuke Yamazaki adalah presiden perusahaan Nishiyama Farm yang adalah manajemen peternakan wisata di Kota Akaiwa, Prefektur Okayama.

Pencarian Yusuke telah diminta oleh Kepolisian Jepang sejak Desember 2022 lalu. Tetapi, pengajuan secara resmi baru diajukan pada 1 Maret 2023 kemarin.

"Secara resmi kami telah mengirimkan permohonan bantuan ke kepolisian Indonesia kemarin agar dapat menangkap tersangka Yusuke Yamazaki," kata sumber Tribunnews.com dari kepolisian Jepang, Kamis (2/3/2023).

Menurut polisi Prefektur Aichi, Yusuke Yamazaki telah melakukan penipuan di Jepang dengan dalih membeli produk dengan mengklaim membayar dividen besar jika berinvestasi dalam bisnis penjualan kembali buah di luar negeri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas