Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Hari Raya IdulFitri, Harga Tiket Bus di Terminal Kampung Rambutan Naik Hingga 40 Persen

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, terjadi peningkatan harga tiket keberangkatan bus di Terminal Rambutan, jelang Hari Raya

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Jelang Hari Raya IdulFitri, Harga Tiket Bus di Terminal Kampung Rambutan Naik Hingga 40 Persen
Rizki Sandi Saputra
Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni saat ditemui awak media di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (17/4/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, terjadi peningkatan harga tiket keberangkatan bus di Terminal Rambutan, jelang Hari Raya IdulFitri 1444H/ 2023M.

Kenaikan harga itu bahkan kata Yulza, mencapai 40 persen dari harga normalnya.

Hanya saja, perihal harga pastinya, Yulza mengaku tidak mengetahui secara detail, sebab setiap perusahaan otobus (PO) menerapkan harga yang berbeda di setiap kelasnya.

"Untuk kisaran (kenaikan harga) bisa di atas 40 persen ya kenaikannya itu atau bisa dicek langsung di perusahaan otobus di loket masing-masing," kata Yulza kepada awak media saat ditemui di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (17/4/2023).

Meski demikian, Yulza memastikan kalau kenaikan harga tiket bus itu wajar, dan kerap terjadi tiap tahunnya.

Terlebih kata dia, ketika menjelang hari H IdulFitri, harga tiket keberangkatan bus bisa naik dengan signifikan.

"Pasti naik, untuk tiket sendiri memang menjelang hari H lebaran itu pasti naik, tergantung dari perusahaan otobus nya dan jurusan masing-masing," tukas dia.

BERITA REKOMENDASI

Diberitakan, Setidaknya ada sekitar 3.855 penumpang meninggalkan Ibu Kota Jakarta untuk melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman dalam momen menyambut Hari Raya IdulFitri 1444H/2023 H dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, jumlah keberangkatan itu tercatat sejak tanggal 14 sampai 16 April kemarin, atau tepat H-6 perayaan IdulFitri yang kemungkinan jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

"Dari tanggal 14 sampai dengan 16 kemarin tercatat sudah ada 3855 penumpang berangkat," kata Yulza kepada Tribunnewscom, Senin (17/4/2023).

Yulza mengatakan, dari keseluruhan pemudik yang berangkat melalui terminal Kampung Rambutan itu, sebagian besarnya melakukan perjalanan ke wilayah Jawa Barat.

Tak hanya itu, para pemudik juga tercatat banyak yang melakukan perjalanan mudik ke wilayah Jawa Tengah hingga Sumatera.

"Tujuan dominan Jabar,Jateng, Sumatera," ucap Yulza.

Hanya saja, Yulza belum dapat memastikan mengenai jumlah pasti penumpang ke setiap wilayah tersebut.

Sebab, hingga kini, pencocokan data penumpang yang datang dan pergi masih terus dilakukan.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com di Kampung Rambutan, hari ini, Senin (17/4/2023), kondisinya terpantau masih kondusif.

Baca juga: Hingga H-6 Lebaran, 3.855 Pemudik Berangkat dari Terminal Kampung Rambutan: Terbanyak ke Jawa Barat

Terlihat tidak ada penumpukan calon penumpang yang berarti di depan loket PO Bus.

Dominan dari calon penumpang terlihat masih duduk-duduk di kursi ruang tunggu terminal dengan membawa barang bawaan yang dominan berupa koper dan kardus berukuran sedang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas