Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini 23.700 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 32 Kereta Api Telah Disiapkan

Selasa hari ini sekitar 575.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Hari Ini 23.700 Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 32 Kereta Api Telah Disiapkan
Tribunnews.com/Rahmat W Nugraha
Total ada 23.700 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Selasa (18/4/2023) hari ini. Pada pemudik tengah menunggu waktu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Selasa (18/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan total ada 23.700 pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Selasa (18/4/2023) hari ini.

Menurut Eva angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode normal.

Baca juga: Pagi Ini Stasiun Gambir Dipadati Pemudik, Begini Situasinya




"Pantauan keberangkatan di Stasiun Pasar Senen pada Selasa 18 April 2023 volume penumpang berangkat kembali mengalami peningkatan. Untuk hari ini sekitar 23.700 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api yang beroperasi," kata Eva Chairunisa ditemui di Stasiun Pasar Senen, Selasa (18/4/2023).

Berdasarkan data Selasa 18 April 2023 sekitar 575.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 April sampai 23 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19 dan 21 April 2023 dimana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen," katanya.

BERITA TERKAIT

Kahumas Daop 1 Jakarta itu mengungkapkan mayoritas pemudik dengan kota-kota tujuan di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Korlantas Polri Sebut Skema Ganjil-Genap di Tol Selama Mudik Lebaran Bersifat Situasional

"Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung," jelasnya.

Eva mengimbau bagi pengguna jasa kereta api yang sudah mendapatkan tiket perhatikan kembali syarat dan ketentuan perjalanan dengan baik.

"Satu hari sebelum keberangkatan diperiksa kembali bahwa semua data dan persyaratan sudah dapat dipenuhi," jelasnya.

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

1. Usia 18 tahun ke atas:

a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-12 tahun:

a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan

3. Usia 13-17 tahun:

a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas