Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KSAL Lepas 6.170 Prajurit TNI AL yang Ikut Mudik Gratis ke Sejumlah Kota di Pulau Jawa

Ia merinci ada sebanyak 60 bus dengan jumlah penumpang lebih kurang 2.740 orang berangkat dari Mabesal

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in KSAL Lepas 6.170 Prajurit TNI AL yang Ikut Mudik Gratis ke Sejumlah Kota di Pulau Jawa
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat konferensi pers di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melepas keberangkatan 132 bus mudik gratis bagi prajurit dan keluarga besar TNI AL di Markas Besar TNI AL (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur.

Total ada sebanyak 6.170 prajurit yang diberangkatkan dalam program mudik gratis kali ini. 

Mereka, berasal dari wilayah Mabes TNI AL dan satuan komando di wilayah Jakarta.

Baca juga: Gubernur Khofifah Berangkatkan 1.080 Peserta Mudik Gratis Warga Jawa Timur di Jabodetabek 

“Karena ini kan udah libur nasional hari ini jadi semuanya melaksanakan hari ini. Nanti saya dari Mabes AL juga akan melepas puluhan bus juga dari Mabes AL dan dari seluruh Kotama-Kotama yang ada di Jakarta ini akan melepas berapa bus tapi itu khusus untuk Angkatan Laut,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali di Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2023).

“Kita juga sebenarnya menyiapkan pesawat tapi khusus untuk Angkatan Laut saja untuk prajurit Angkatan Lait dan itu semua gratis bagi prajurit,” imbuhnya.

Ia merinci ada sebanyak 60 bus dengan jumlah penumpang lebih kurang 2.740 orang berangkat dari Mabesal, Koarmada RI sebanyak 4 bus dengan jumlah 208 orang.

Baca juga: Dishub Jawa Timur Pastikan Bus yang Digunakan untuk Peserta Mudik Gratis Sudah Lolos Uji Ramp Check

BERITA REKOMENDASI

Sementara dari Kolinlamil sebanyak 12 bus 436 orang, Kormar sebanyak 39 bus dengan jumlah penumpang 1.905 orang, Pushidrosal 7 bus dengan jumlah 357 penumpang, Seskoal sebanyak 6 bus dengan jumlah 202 orang penumpang, dan Lantamal III sebanyak 5 bus dengan jumlah 237 orang penumpang.

Ali mengatakan ada 132 bus yang disediakan oleh TNI AL itu bakal melewati rute Pulau Jawa. Pertama, rute utara Jakarta - Surabaya, kedua, rute tengah Jakarta - Mojokerto, dan ketiga rute selatan Jakarta - Yogyakarta.

"Pelaksanaan mudik bersama yang diselenggarakan oleh TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian, kepedulian dari pimpinan TNI AL untuk dapat bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman dengan aman, dan juga untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat dan prajurit dalam merayakan hari kemenangan bersama keluarga," katanya.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofian juga melepas 12 bus mudik gratis dari Markas Kolinlamil.

Hal itu dilakukan guna memberikan pelayanan kepada keluarga besar TNI AL yang menikmati libur lebaran agar dapat kembali bertugas sesuai dengan ketentuan pimpinan tertinggi, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Baca juga: Pegadaian Berangkatkan 1.000 Peserta Mudik Gratis dengan 25 Bus

"Pesan saya bagi prajurit yang saya cintai dan saya banggakan. Pimpinan sudah memberikan kesempatan yang besar sehingga pengabdian mereka kepada bangsa dan negara ini jelas itu harus memberikan jaminan yang terbaik. Selama dalam perjalanan dan di kampung halaman nanti manfaatkan betul waktu untuk berinteraksi dengan keluarga masing-masing," ucapnya.

"Dan pada saat kembali seperti yang saya katakan tadi dengan diakomodasi dengan sarana transportasi ini, saya yakin anak buah saya jaminan 100 persen akan tepat waktu hadir selesai mereka melaksanakan cuti bersama ini tidak ada satupun yang terlambat nanti," lanjut Yayan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas