Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemuda Mahasiswa Nusantara Bantu Ratusan Perantau Mudik Gratis dari Tangerang Selatan ke 8 Tujuan

Sebanyak 400 pemudik yang merupakan mahasiswa dan pemuda diberangkatkan PMN dari Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pemuda Mahasiswa Nusantara Bantu Ratusan Perantau Mudik Gratis dari Tangerang Selatan ke 8 Tujuan
ist
Ratusan mahasiswa di Jabodetabek mengikuti program mudik ceria gratis yang diadakan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Dukung Ganjar, Senin (17/4/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semangat dan wajah semringah ratusan mahasiswa di Jabodetabek terpancar saat mengikuti program mudik ceria gratis yang diadakan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Dukung Ganjar, Senin (17/4/2023).

Sebanyak 400 pemudik yang merupakan mahasiswa dan pemuda diberangkatkan PMN dari Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

PMN menyiapkan delapan bus yang siap mengantar para pemudik ini ke kampung halamannya.

Baca juga: Pemudik Ini Rela Antre Berjam-Jam di Pelabuhan Ciwandan Banten Demi Bisa Mudik Dini Hari

Yakni, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Serang, Pandeglang, Lampung, hingga Palembang.

Koordinator Nasional (Kornas) PMN Yusuf Hidayatullah menyatakan pihaknya memberangkatkan para mahasiswa dan organisasi pemuda ke kampung halamannya di wilayah Jawa Barat, Lampung, dan Sumatra Selatan.

PMN tergerak untuk mengadakan kegiatan yang bertema Mudik Ceria Bersama Mahasiswa dan Komunitas Kepemudaan Daerah 2023 ini karena banyak di antara mereka yang beberapa tahun terakhir tidak bisa mudik lantaran terkendala pembatasan PPKM Covid-19.

"Kami melihat dari beberapa tahun ke belakang ada Covid. Nah sekarang sudah mulai longgar. Kemudian, kami melihat mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya berasal dari Jawa barat dan Sumatra. Mereka pulang satu atau dua tahun sekali," ujarnya.

Baca juga: Polres Jakpus Siagakan 23 Personel Gabungan Khusus Amankan Mudik di Stasiun Gambir

BERITA TERKAIT

Pria yang akrab disapa Aden ini mengatakan, program mudik gratis tersebut, mereka bisa berkumpul kembali dengan keluarga saat hari raya Idulfitri.

"Kami membantu mereka untuk bisa berkumpul dengan keluarganya pas Lebaran Idulfitri tahun ini," ungkapnya.

Aden menjelaskan bahwa sekitar 400 peserta mudik ini berasal dari beberapa universitas di Jakarta dan Banten.

"Ada sekitar 400 mahasiswa dan pemuda di beberapa universitas di jakarta seperti UIN Jakarta, UNJ, Stikes, dan lain sebagainya," katanya.

Aden merasa bahagia melihat antusiasme para pemuda dan mahasiswa yang mengikuti program ini.

"Alhamdulillah, mahasiswa dan pemuda yang ikut mudik ceria gratis ini sangat antusias dan senang karena bisa dibantu untuk menuju kampung halamannya," katanya.

PMN Dukung Ganjar berharap para pemudik ini bisa selamat sampai tujuan sehingga bisa berkumpul dengan keluarga saat Lebaran nanti.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas