Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebabkan Kemacetan Panjang, Polisi Minta Pengelola Ragunan Batasi Jumlah Pengunjung

Polda Metro Jaya menyebut kemacetan di kawasan tersebut terjadi akibat jumlah pengunjung kebun binatang tersebut yang membludak.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sebabkan Kemacetan Panjang, Polisi Minta Pengelola Ragunan Batasi Jumlah Pengunjung
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Kondisi arus lalu lintas di jalan yang mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan macet pada H+1 lebaran. Jalan yang mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta macet parah pada hari kedua lebaran atau Minggu (23/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan yang mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan Jakarta macet parah pada hari kedua lebaran atau Minggu (23/4/2023).

Terkait itu, Polda Metro Jaya menyebut kemacetan di kawasan tersebut terjadi akibat jumlah pengunjung kebun binatang tersebut yang membludak.

Baca juga: Pengunjung Ragunan pada Lebaran 2023 Kedua Lebih Tinggi dari Tahun Lalu, Capai 82 Ribu Orang

"Ragunan ramai, tapi bisa diatur. Tapi jumlah pengunjung banyak," kara Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Minggu (23/4/2023). 

Latif mengatakan, permasalahannya utamanya karena pengelola masih menerima pendaftaran pengunjung secara offline. 

Padahal, lanjut dia, sebelumnya diinformasikan bahwa pendaftaran dilakukan secara online. Dengan begitu, volume pengunjung pun meningkat dari perkiraan.

Baca juga: Ulang Tahun Saat Lebaran, Komu si Gorila Bungsu di Taman Margasatwa Ragunan Diberi Ketupat

"Permasalahannya pengelola di Ragunan. Katanya kan pakai online tapi kok masih terima pakai offline. Ini yang menjadi kepadatan. Jadi pengunjung kan kemarin sudah menggunakan online, tapi offline pun masih diterima. Ini menjadi crowded banyak pengunjung, harusnya dibatasi jumlah pengunjungnya," ujarnya. 

BERITA REKOMENDASI

Meski begitu, Latif menyebut pihaknya tetap melakukan pengaturan lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Kepolisian akan bekerjasama dengan pengelola memantau kapasitas pengunjung. Jika sudah terpenuhi, masyarakat tidak bisa melanjutkan kunjungan dan dialihkan untuk kembali.

"Akhirnya kami dari kepolisian mengatur itu, biar tidak terjadi kepadatan di dalam. Masyarakat yang ke Ragunan untuk tidak memaksakan diri. Kalau sudah penuh kita tutup," ujarnya. 

Selain Ragunan, beberapa objek wisata juga mulai dipadatkan masyarakat di hari kedua lebaran. Mulai dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur hingga Ancol Jakarta Utara.

Kendaraan Mengular

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan libur lebaran 2023 untuk mengunjungi tempat wisata salah satunya Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Pantauan Tribunnews.com di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB, terlihat arus lalu lintas yang mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan macet parah.

Baca juga: Ulang Tahun Komu si Gorila Bungsu di Taman Margasatwa Ragunan Dikasih Ketupat

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas