Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Longmarch Buruh Mulai Bergerak dari Kawasan IRTI Monas ke Patung Kuda

Ratusan buruh melakukan longmarch dari kawasan IRTI Monas menuju ke Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023) sekira pukul 11.40 WIB.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Longmarch Buruh Mulai Bergerak dari Kawasan IRTI Monas ke Patung Kuda
Tribunnews.com/Ibriza
Ratusan buruh melakukan longmarch dari kawasan IRTI Monas menuju ke Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023) sekira pukul 11.40 WIB. Hal ini terkait aksi unjuk rasa yang dimotori Partai Buruh dan sejumlah serikat buruh lainnya terkait sidang kedua uji formil Omnibus Law Undang Undang (UU) Cipta Kerja, yang sebelumnya diajukan oleh Partai Buruh ke Mahkamah Konstitusi (MK). (Ibriza) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan buruh melakukan longmarch dari kawasan IRTI Monas menuju ke Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023) sekira pukul 11.40 WIB.

Hal ini terkait aksi unjuk rasa yang dimotori Partai Buruh dan sejumlah serikat buruh lainnya terkait sidang kedua uji formil Omnibus Law Undang Undang (UU) Cipta Kerja, yang sebelumnya diajukan oleh Partai Buruh ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita akan menuju MK dalam rangka kita memastikan kepada MK terkait dengan Judicial Review UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Omnibus Law Cipta Kerja," kata Ketua Mahkamah Partai Buruh Riden Hatam Aziz, saat ditemui, Senin ini.

Ratusan buruh melakukan longmarch dari kawasan IRTI Monas menuju ke Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023) sekira pukul 11.40 WIB. (Ibriza)
Ratusan buruh melakukan longmarch dari kawasan IRTI Monas menuju ke Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023) sekira pukul 11.40 WIB. (Ibriza) (Tribunnews.com/Ibriza)

Riden mengatakan, Partai Buruh meminta MK untuk membatalkan pengesahan UU tersebut.

"Kami minta kepada Mahkamah Konstitusi untuk membatalkannya," kata Riden.

Meski tujuan utama aksi digelar di depan Gedung MK, Riden belum bisa memastikan hal tersebut terealisasi.

Pasalnya, berdasarkan pantauan Tribunnews.com, pihak kepolisian telah memasang border atau blokade untuk membatasi barisan massa aksi, di Patung Kuda.

BERITA REKOMENDASI

"Ini arahnya ke MK. Cuma saya enggak tahu ditutup atau enggak. Biasanya diborder. Kalau diborder sampai (gedung) Indosat, sampai Patung Kuda mentoknya. Tapi sasaran kita MK dan Istana," ucapnya.

Sebelumnya, ribuan buruh dijadwalkan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara, Senin (5/6/2023) hari ini.

Aksi buruh ini dimotori oleh Partai Buruh dan diikuti oleh sejumlah serikat buruh.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, kurang lebih dua ribu buruh yang berasal dari Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok berkumpul untuk menggelar aksi unjuk rasa.

“Massa aksi berasal dari 4 konfederasi besar di Indonesia yaitu KSPI, ORI KSPSI, KPBI, dan KSBSI yang dipimpin Dharta Pakpahan. Serta ada juga Serikat Petani Indonesia dan aliansi nelayan, 60 federasi serikat buruh tingkat nasional seperti FSPMI, SPN, FSP-KEP, dan sebagainya, termasuk miskin kota, PRT, serta guru dan tenaga honorer,” sebut Said Iqbal, melalui keterangan pers tertulis, Senin ini.

Baca juga: Bakal Demo di Depan MK dan Istana, Partai Buruh Gaungkan Isu Pekerja dan Politik

Said menjelaskan, titik kumpul massa aksi adalah di IRTI Monas, tepatnya di depan kantor Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat.

Lanjutnya, aksi rencananya dimulai pukul 10.30 WIB. Kemudian, massa buruh akan longmarch ke Gedung Mahkamah Konstitusi dan Istana.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas