Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fajri Pria Obesitas 300 Kg Meninggal usai Dirawat 14 Hari, RSCM Ungkap karena Alami Infeksi Multiple

Pria yang memiliki bobot 300 kg, Fajri, meninggal dunia setelah dirawat selama 14 hari di RSCM Jakarta.

Penulis: Nuryanti
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Fajri Pria Obesitas 300 Kg Meninggal usai Dirawat 14 Hari, RSCM Ungkap karena Alami Infeksi Multiple
Warta Kota/Gilbert Sam Sandro
Tim RSUD Kota Tangerang saat merujuk Muhammad Fajri ke RSCM Jakarta akibat obesitas yang dideritanya. Pria yang memiliki bobot 300 kg, Fajri, meninggal dunia setelah dirawat selama 14 hari di RSCM Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Muhammad Fajri (27), pria yang memiliki bobot 300 kg asal Tangerang, meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Muhammad Fajri meninggal setelah 14 hari dirawat di RSCM Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pelayanan Operasional, Renan Sukmawan, mengatakan semua upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan Muhammad Fajri baik dari segi medis maupun non medis.

"Setelah berjuang selama sekitar 14 hari, tim kami di RSCM telah melakukan yang terbaik," ungkapnya di Gedung A RSCM, Senen, Jakarta Pusat, Kamis, dilansir Wartakotalive.com.

Renan memaparkan, Fajri tidak bisa terselamatkan meski pihak RSCM sudah mengerahkan semua usaha dan memberikan obat-obatan yang terbaik.

"Bagaimana kami sampaikan bagaimana kami berjuang untuk misalnya saja memindahkan, untuk melakukan manuver-manuver untuk pemeriksaan CT, pemeriksaan rontgen yang memerlukan effort (usaha) yang lebih besar."

"Kami telah lakukan yang terbaik oleh tim, ternyata tadi malam pada pukul 01.25 WIB, almarhum tuan MF berpulang ke Rahmatullah, di hadapan keluarga dan diterima dengan baik keluarga," jelasnya.

Baca juga: Fajri Pemuda Obesitas Ekstrem Hembuskan Napas Terakhir di Hadapan Keluarganya 

BERITA TERKAIT

Penyebab Meninggalnya Fajri

Tim dokter RSCM mengungkap penyebab meninggalnya Muhammad Fajri yang mengidap obesitas ekstrem.

Tim Humas RSCM, Yani Astuti, mengatakan Fajri meninggal dunia karena infeksi multiple yang dideritanya.

"Terapi multidisiplin yang terdiri dari dokter ahli perawatan intensif (intensivis), paru, jantung, pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan tenaga kesehatan lainnya telah mengoptimalkan segala upaya untuk perawatan MF agar kembali stabil," katanya, Kamis, dikutip dari TribunJakarta.com.

Menurut Yani, selama dirawat di RSCM, Fajri sudah mendapatkan perawatan intensif.

Yakni mulai dari terapi antibiotik untuk infeksinya, terapi alat bantu pernapasan, jantung, ginjal, dan semua organ yang terganggu akibat gagal organ multiple akibat syok sepsis.

"Mengupayakan mencari tempat tidur yang muat, memposisikan pasien, dan sulitnya melakukan prosedur diagnostik tertentu (tidak muat masuk MRI dan CT scan), dan lainnya," beber dia.

Baca juga: Fajri Mengalami Syok Septik dan Sepsis AKI yang Picu Kondisinya Kian Memburuk, Ini Penjelasan RSCM

Pasien obesitas Muhammad Fajri (26) saat dipindahkan dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, dengan menggunakan truk, Jumat (9/6/2023).
Pasien obesitas Muhammad Fajri (26) saat dipindahkan dari Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, dengan menggunakan truk, Jumat (9/6/2023). (Tim Damkar Kota Tangerang)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas