Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bersaksi di Persidangan, Dokter Aisyah Ungkap Hari Ketiga Perawatan Kondisi David Ozora Menurun

Dokter di RS Medika Permata Hijau, Aisyah Anofi mengungkapkan di persidangan bahwa kondisi David Ozora menurun pada hari ketiga.

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bersaksi di Persidangan, Dokter Aisyah Ungkap Hari Ketiga Perawatan Kondisi David Ozora Menurun
Tribunnews.com/ Rahmat W Nugraha
Dokter di RS Medika Permata Hijau, Aisyah Anofi saat bersaksi dalam sidang terdakwa kasus penganiayaan berat terencana terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter di RS Medika Permata Hijau, Aisyah Anofi mengungkapkan di persidangan bahwa kondisi David Ozora menurun pada hari ketiga saat menjalani perawatan di rumah sakit.

David Ozora diketahui tidak sadarkan diri setelah dianiaya Mario Dandy.

Kondisi David Ozora tersebut diungkap Aisyah saat bersaksi dalam persidangan terdakwa kasus penganiayaan berat terencana terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2023)

"Korban ini pindah ke ICU tadi di jam berapa?" kata penasihat hukum Shane dalam sidang.

"Izin pak dengan kondisi pasien seperti itu masih di IGD. Kita stabilkan dulu kondisi kegawatdaruratannya. Masih di IGD saya operkan ke yang dinas selanjutnya," kata Aisyah.

"Iya saudara tahu nggak berapa jam baru pindah ke ICU?" tanya kuasa hukum.

Baca juga: Sidang Kasus Mario Dandy dan Shane Lukas Kembali Digelar, Hadirkan Saksi Ahli Pidana dan Medis

BERITA TERKAIT

"Saya tidak tahu," jawab Aisyah.

"Dengan kondisi tadi apakah tidak seharusnya pasien langsung dipindahkan ke ICU?" tanya kuasa hukum.

"Izin pak ada namanya standar operasional SOP. Jadi posisi pasien yang sangat gawat darurat harus kita stabilkan dulu di IGD. Tidak bisa kita dorong ke ICU," jelas Aisyah.

Baca juga: Mario Dandy Mengaku Berbohong saat Berikan Keterangan BAP di Polisi

"Inikan kondisinya sudah jelas sangat memprihatikan. Tadikan saudara sudah melakukan tindakan awal. Kenapa tidak ke ICU kan sudah setengah koma?" tanya kuasa hukum.

"Butuh pemeriksaan laboratorium. Pertama sudah saya atasi dulu kegawatdaruratannya. Saya bersihkan lukanya dahulu. Saya jahit lukanya, observasi periksa darah, CT Scan, Rontgen. Mungkin bapak belum pernah ke IGD jadi tidak tahu alurnya seperti apa," kata Aisyah

"Saya pernah mendampingi orang di IGD. Saya hanya ingin tanya apakah karena terlambat masuk ICU sehingga kondisi kesadarannya 10, kemudian setelah tiga hari turun. Kenapa tidak langsung dirujuk?" tanya kuasa hukum.

"Izin dengan kondisi saat di IGD, kondisinya cedera kepala sedang dengan bakteri infeksi. Dari dokter spesialis dengan pengobatan selama di IGD diharapkan kondisi pasien membaik. Tetapi di hari ketiga mengalami penurunan kesadaran," tegas Aisyah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas