Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Batasi Angkutan Barang di 4 Ruas Tol Selama KTT ASEAN di Jakarta, Ini Daftarnya

Diketahui pembatasan angkutan barang tersebut akan dilakukan pada 5-7 September 2023 mendatang.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Polisi Batasi Angkutan Barang di 4 Ruas Tol Selama KTT ASEAN di Jakarta, Ini Daftarnya
dok.
Akses masuk ke Jakarta dan keluar Jakarta di kilometer 149 ruas Tol Padaleunyi. Polda Metro Jaya akan memberlakukan pembatasan terhadap mobilisasi kendaraan angkutan barang di 4 ruas tol selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya akan memberlakukan pembatasan terhadap mobilisasi kendaraan angkutan barang di 4 ruas tol selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta.

Diketahui pembatasan angkutan barang tersebut akan dilakukan pada 5-7 September 2023 mendatang.




"Ada 4 ruas tol yang diberlakukan pembatasan angkutan barang," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Jumat (25/8/2023).

Keempat ruas tol dalam kota yakni di antaranya Tol Cawang-Tomang-Pluit, Tol Tomang-Pluit, Tol Kembangan-Tomang, dan terakhir Tol Prof. Dr. Soedijatmo atau tol Pluit-Kamal Muara.

Baca juga: Kemenhub: MRT Tetap Beroperasi Layani Warga saat KTT ASEAN

Latif mengatakan pembatasan ini dilakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ).

"Pengaturan pembatasan angkutan barang dimulai pada hari Selasa 5 September 2023 Pukul 00.00 WIB sampai dengan Kamis 7 September 2023 pukul 24.00 WIB," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Namun Latif mengatakan tak semua mobil angkutan barang yang dibatasi. Ada sejumlah kendaraan yang dikecualikan seperti kendaraan pengangkut BBM, hingga sembako.

"Kendaraan barang pengangkut yang dikecualikan bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar gas (BBG), ternak, hantaran pos dan uang, pangan pokok terdiri atas Sembako, air minum dalam kemasan dan pakan ternak," ungkapnya.

Untuk informasi, Presiden Indonesia (RI) Joko Widodo akan memimpin 12 pertemuan di KTT ASEAN keketuaan Indonesia pada tanggal 5 hingga 7 September 2023.

Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Sidharto R. Suryodipuro mengatakan semua pertemuan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

"Presiden akan memimpin 43rd ASEAN Summit dalam format plenary, kemudian dalam format retreat, 26th ASEAN-China Summit, 26th ASEAN-RoK Summit, 26th ASEAN-Japan Summit, 11th ASEAN-US Summit, ASEAN-Canada Summit, 26th ASEAN+Three Summit, 28th ASEAN-India Summit, 3rd ASEAN-Australia Summit, 18th EAS-ASIA Summit, 13th ASEAN-UN Summit," kata Dirjen Arto di FMB9 terkait persiapan KTT ASEAN ke-43, Jumat (11/8/2023).

Presiden juga akan memimpin kegiatan yang bersifat non persidangan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN.

Presiden juga akan memimpin penyerahan keketuaan ASEAN kepada pemimpin Republik Demokratik Laos saat penutupan.

"Rangkaian akan diakhiri dengan press conference oleh Presiden pada tanggal 7 September," kata Arto.

Dirjen Kemenlu mengatakan akan ada 27 pemimpin negara dan pemimpin organisasi internasional yang hadir pada KTT ASEAN di Jakarta.

"Mulai dari 14 pemimpin negara EAS-ASIA Summit, juga pemimpin dari Pacific Island Forum, pemimpin dari Indian Ocean Association. PM Kanada juga direncanakan akan hadir," kata Arto.

Ia mengatakan selain PM Kanada Justin Treudeu, Indonesia juga mengundang executive director IMF dan World Bank, serta beberapa organisasi lainnya.

Ada 6 lokasi utama yang akan menjadi venue delegasi selama KTT yakni Hotel St Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, JCC, Hutan Kota Plataran GBK, Hotel Sultan, dan Istana Merdeka. Ada pula kegiatan yang akan digelar di TMII.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas