Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Penemuan Anak Perwira TNI AU Tewas dengan Luka Bakar 91 Persen dan Luka Sayat di Dada

Korban meninggal berinisial CHR (16) dan merupakan anak seorang perwira menengah (pamen) TNI AU.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cerita Penemuan Anak Perwira TNI AU Tewas dengan Luka Bakar 91 Persen dan Luka Sayat di Dada
dok.
Hingga saat ini polisi masih menyelidiki misteri penyebab tewasnya remaja berinisial CHR, anak seorang perwira menengah TNI AU yang ditemukan dalam kondisi terbakar 91 persen di Pos Spion (Ujung Landasan 24) Landasan Udara atau Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Misteri penemuan jasad seorang pemuda dengan kondisi terbakar 91 persen di Pos Spion (Ujung Landasan 24) Landasan Udara atau Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, masih jadi pembicaraan warga.

Korban meninggal berinisial CHR (16) dan merupakan anak seorang perwira menengah TNI AU. Selain luka bakar yang hebat, di tubuh korban juga ditemukan luka sayat dan bacokan di bagian dada.

"Ada luka seperti sayatan atau bacokan di di bagian dada," kata Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Raden Sukanto (RS Polri) Brigjen Pol Hariyanto saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Hariyanto mengatakan, jenazah CHR saat dibawa ke RS Polri pada Minggu (24/9/2023) malam sudah dalam kondisi penuh luka bakar.

"Luka bakar 91 persen, hampir sekujur tubuhnya terbakar. Hanya 9 persen yang tidak terbakar," tuturnya.

Dia mengatakan, kematian CHR bukan hanya karena terbakar, tapi juga karena kehabisan darah.

"Korban kehabisan darah, jadi karena luka yang cukup parah hingga ada darah keluar banyak di rongga perut. Jadi mengenai hati," paparnya.

BERITA REKOMENDASI

Hariyanto mengungkapkan, dari hasil autopsi, sebelum ditemukan tewas CHR sempat menghirup asap berdasarkan temuan jelaga di rongga pernafasan korban.

"Tapi, saat kita lihat celah nafasnya ada jelaga, di sana. Artinya sebelum meninggal full, dia (korban) sempat menghirup udara bakaran itu. Jadi, ada di rongga pernapasannya," kata Hariyanto,

Hariyanto menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat memastikan penyebab korban terbakar pada bagian tubuhnya, apakah disiram bensin atau lainnya.

Baca juga: Polisi Dalami Dugaan Remaja Tewas Terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma Memiliki Kebutuhan Khusus

"Saya nggak tahu, jadi yang jelas ada luka bakar yang cukup parah mengenai sekujur tubuh. Tapi, ada juga perlukaan trauma karena benda tajam," pungkasnya.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Leo Simarmata mengonfirmasi bahwa mayat ditemukan dalam kondisi sudah terbakar.

"Iya benar (ditemukan mayat dalam kondisi sudah terbakar)," ujarnya. Leo menuturkan bahwa korban adalah seorang warga sipil dan bukan anggota TNI AU.

Sementara itu, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Adrian P Damanik mengungkapkan bahwa jenazah yang ditemukan itu merupakan putra dari seorang perwira menengah TNI Angkatan Udara.

Baca juga: Polisi Sebut Temuan Jasad Anak Perwira TNI AU di Lanud Halim Berawal dari Adanya Informasi Kebakaran

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas