Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Selidiki 2 Pekerja Tewas di Lubang Pengolahan Limbah Kawasan Meikarta

Polsek Cikarang Selatan menyelidiki dua pekerja tewas saat masuk ke dalam lubang saluran pengolahan limbah Distrik 1 Meikarta.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Polisi Selidiki 2 Pekerja Tewas di Lubang Pengolahan Limbah Kawasan Meikarta
Mirror
Ilustrasi jenazah. Polisi turun tangan menyelidiki dua pekerja bernama Budi dan Ichi tewas saat masuk ke dalam lubang saluran pengolahan limbah Sewage Treatment Plant (STP) Distrik 1 Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Keduanya diduga mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pengecekan STP, peristiwa terjadi pada Selasa (9/1/2024) sekira pukul 15.30 WIB. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi turun tangan menyelidiki dua pekerja bernama Budi dan Ichi tewas saat masuk ke dalam lubang saluran pengolahan limbah Sewage Treatment Plant (STP) Distrik 1 Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. 

Keduanya diduga mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pengecekan STP, peristiwa terjadi pada Selasa (9/1/2024) sekira pukul 15.30 WIB. 

Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Rudi Wiransyah, mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan terkait tewasnya dua pekerja tersebut. 

"Sejauh ini kita melakukan penyelidikan atas kasus tersebut terkait kecelakaan kerjanya," kata Rudi, Rabu (10/1/2024). 

Rudi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menggali keterangan dari sejumlah pimpinan perusahaan tempat dua korban bekerja. 

"Kami akan melihat bagaimana sistem manajemen K3 (keselamatan, kesehatan, kerja) dari supervisor dari atasannya langsung, saat ini masih proses dimintai keterangan," jelas Rudi. 

Dua pekerja yang tewas merupakan teknisi dari perusahaan manajemen kawasan Meikarta, mereka tewas usai masuk ke dalam lubang STP. 

BERITA REKOMENDASI

Lubang tersebut lanjut Rudi, memiliki diameter tidak begitu besar dengan kedalaman diperkirakan mencapai lima meter. 

Baca juga: Anggota Komisi VI DPR Sebut 131 Konsumen Meikarta yang Datang ke DPR Telah Terpenuhi Haknya

Kejadian bermula saat Budi, Ichi dan Daud tengah bekerja melakukan pengecekan STP Distrik 1 Meikarta

Budi masuk ke dalam lubang STP, sementara Ichi dan Daud menunggu di atas. Lama di dalam lubang suara Budi kian tak terdengar. 

"Pertama masuk ke dalam lubang STP itu untuk melakukan perbaikan atau pengecekan yang ada itu saudara Budi, saudara Ichi dan Daud menunggu di atas," ungkap Rudi. 

Curiga lantaran suara Budi kian tak terdengar, Ichi berinisiatif masuk ke dalam lubang STP untuk mengecek kondisi rekanya. 

Ternyata dia juga bernasib serupa, suaranya kian tak terdengar setelah beberapa lama masuk ke dalam STP. 

Baca juga: Konsumen Meikarta Apresiasi Gugatan Pencemaran Nama Baik Senilai Rp 56 Miliar Telah Dicabut

Daud lalu berusaha meminta bantuan, dia berusaha masuk ke dalam dengan peralatan tali pengikat untuk mencari keberadaan dua temannya. 

"Turunlah saudara Daud, tapi dia juga tidak sanggup menolong sehingga korban Budi dan Ichi tenggelam ke dalam STP," paparnya. 

Daud langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, kabar dua pekerja yang tenggelam ke dalam saluran STP langsung segera dilakukan evakuasi. 

"Proses evakuasi kurang lebih dua jam dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB," terang Rudi. 

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul 2 Pekerja Tewas di Lubang Pengolahan Limbah Kawasan Meikarta, Polisi Lakukan Penyelidikan

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas