Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Massa Apdesi Blokade Tol Dalam Kota, Lalu Lintas ke Arah Grogol Lumpuh

Pantauan Tribunnews.com, para pengunjukrasa memblokade Tol Dalam Kota arah Grogol.  Mereka bahkan menaiki pembatas Tol Dalam Kota.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Massa Apdesi Blokade Tol Dalam Kota, Lalu Lintas ke Arah Grogol Lumpuh
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Lalu lintas di Tol Dalam Kota lumpuh total akibat unjukrasa yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lalu lintas di Tol Dalam Kota lumpuh total akibat unjukrasa yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

Pantauan Tribunnews.com, para pengunjukrasa memblokade Tol Dalam Kota arah Grogol.  Mereka bahkan menaiki pembatas Tol Dalam Kota.

Baca juga: Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas Imbas Adanya Aksi Demo Apdesi di Depan Gedung DPR

Akibat aksi tersebut kendaraan yang berada di dalam tol dalam kota arah Grogol tidak bergerak.

Kemacetan bahkan terjadi hingga ke Cawang. Untuk mengurai kemacetan pihak kepolisian membuka pembatas tol dalam kota di sejumlah ruas, sehingga kendaraan yang terjebak macet bisa memutar arah.

Untuk mengantisipasi kemacetan lebih panjang, aparat kepolisian menutup pintu masuk tol dalam kota di di kawasan Halim, Jakarta Timur.

Sebelumnya pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas imbas adanya aksi unjuk rasa yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Apdesi Kembali Berunjuk Rasa di Depan Gedung DPR Desak Segera Sahkan Revisi UU Desa

BERITA TERKAIT

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Karosekali mengatakan, pengalihan arus dilakukan dari kolong Flyover Ladogi.

"Dilakukan pengalihan di bawah Layang Ladogi. Arus lalu lintas dari arah Semanggi arteri menuju Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," kata Karosekali saat dikonfirmasi, Rabu

Selain itu, Karosekali menjelaskan, pihaknya juga melakukan penutupan Exit Tol Senayan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Betul, dialihkan ke keluaran (exit tol) berikutnya," ucap dia.

Dalam aksi ini, pihak kepolisian juga menyiapkan pengamanan dengan menurunkan ribuan personel.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo mengungkapkan nantinya ada ribuan personel yang dikerahkan untuk mengawal jalannya unjuk rasa.

"Dalam pengamanan ini kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait," kata Susatyo dalam keterangannya, Rabu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas