Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 RT di Jakarta Tergenang Imbas Guyuran Hujan Sejak Sabtu Siang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat 5 RT tergenang air per pukul 13.00 WIB.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Erik S
zoom-in 5 RT di Jakarta Tergenang Imbas Guyuran Hujan Sejak Sabtu Siang
Kompas/Raditya Helabumi
Ilustrasi banjir di Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat hujan yang mengguyur Jakarta pada Sabtu (6/7/2024) sejak pagi hingga siang, mengakibatkan 5 RT tergenang air per pukul 13.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat hujan yang mengguyur Jakarta pada Sabtu (6/7/2024) sejak pagi hingga siang, mengakibatkan 5 RT tergenang air per pukul 13.00 WIB.

"BPBD mencatat genangan saat ini mengalami kenaikan yang sebelumnya terjadi di 2 RT menjadi 5 RT atau 0.016 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, Sabtu. 

Adapun 5 RT tergenang diantaranya 2 RT di Kelurahan Pluit, Jakarta Utara dengan ketinggian 10 cm imbas banjir pesisir atau rob. 

Baca juga: 300 Lebih Warga Gorontalo Mengungsi karena Banjir Bandang, Ruang Kelas SD Jadi Tempat Pengungsian

Kemudian 2 RT di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat dengan ketinggian banjir 50 cm, disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Sekretaris.

Selanjutnya 1 RT di Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan dengan ketinggian genangan 30 cm yang disebabkan curah hujan tinggi.

Isnawa menyatakan saat ini BPBD mengupayakan agar genangan yang tercatat tersebut bisa surut dalam waktu cepat. 

BERITA TERKAIT

Personel sudah dikerahkan untuk memonitoring kondisi genangan dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga dan Dinas Gulkarmat untuk memastikan tali - tali air berfungsi. 

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ucapnya. 

BPBD DKI pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. 

Baca juga: 3.050 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Halmahera Selatan, 923 Rumah Terendam 

Mengingat BMKG sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir pada 3-9 Juli 2024 akibat adanya fenomena Fase Bulan Baru pada tanggal 6 Juli 2024 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir (Rob) di wilayah pesisir utara Jakarta. 

Di tambah hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (6/7) menyebabkan terjadinya genangan di wilayah DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas