Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambangi Konter Pemeriksaan Paspor, Dirjen Terjun Langsung Urus Imigrasi

Silmy turun langsung melayani masyarakat di pintu imigrasi. Dia berupaya memberi contoh kepada jajaran, dengan melayani masyarakat dengan optimal.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sambangi Konter Pemeriksaan Paspor, Dirjen Terjun Langsung Urus Imigrasi
(Dok. Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham)
Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim bertindak menjadi penjaga konter imigrasi di Bandara Soetta untuk pantau pelayanan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Imigrasi, Silmy Karim, mengupayakan optimalisasi pelayanan publik. Caranya terbilang unik, karena tak memakai strategi pengarahan pada jajaran, yang terhitung konvensional.

Silmy turun langsung melayani masyarakat di pintu imigrasi. Dia berupaya memberi contoh kepada jajaran, dengan melayani masyarakat dengan optimal.

Baca juga: Selama 10 Tahun, Kemenhub Bangun dan Rehabilitasi 193 Pelabuhan dan 116 Bandara

"Konter imigrasi di Bandara Soekarno Hatta adalah pintu gerbang negara. Fasilitas dan peralatannya wajib berfungsi dengan baik untuk memberikan impresi yang bagus pada warga asing yang datang ke Indonesia," kata Silmy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/9/2024).




Pengalaman itu dirasakan Silmy saat menjaga konter pemeriksaan paspor di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Sabtu, 14 September 2024. Sejak pukul 05.00 WIB, Silmy Karim selaku Direktur Jenderal Imigrasi menjalani aktivitas akhir pekan yang panjang dengan melayani sejumlah penumpang di konter imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Resto Terbakar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta: Kepulan Asap Hitam hingga Penumpang Sesak Napas

Selain membantu proses clearance penumpang, Silmy Karim dengan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan imigrasi, tetapi juga berperan sebagai 'quality controller' yang memastikan seluruh proses, termasuk penggunaan Autogate, berjalan dengan lancar dan sesuai standar.

Silmy mengaku ingin ikut memantau dan mengecek dinamika perlintasan di Soetta secara langsung. Ia ingin merasakan bercengkerama langsung dengan pelancong yang keluar dan masuk ke Indonesia. 

Merasakan bagaimana dinamika di konter menghadapi pelintas dan memantau fasilitas Imigrasi di hari itu. Adapun para pelintas yang merasakan bagaimana baik dan cepatnya proses layanan imigrasi saat ini.

BERITA TERKAIT

Silmy berjaga di konter nomor 5 itu untuk 8 jam kerja di sif pertama. Kesempatan itu juga digunakan Silmy untuk mengecek fasilitas dan peralatan penjaga perlintasan.

“Biar merasakan ada masalah apa yang perlu perbaikan, dan melihat peralatannya masih bagus atau enggak, nah ini juga menyangkut kecepatan,” ujar Silmy.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Saat Dirjen Silmy Karim Bertindak Jadi Penjaga Konter Imigrasi Buat Pantau Pelayanan di Bandara

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas