Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakil Ketua MPR Berharap Hubungan Indonesia -Turki tidak hanya sebatas Antarpemerintah

Pada (11/2) Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid,di ruang kerjanya,Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, menerima Duta Besar

zoom-in Wakil Ketua MPR Berharap Hubungan Indonesia -Turki tidak hanya sebatas Antarpemerintah
Pada (11/2) Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, di ruang kerjanya, Lt. 9, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, menerima Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zekeriya Akcam. 

TRIBUNNERS - Pada (11/2) Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, di ruang kerjanya, Lt. 9, Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, menerima Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zekeriya Akcam.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat mengharap agar hubungan Indonesia-Turki tidak hanya antarpemerintah, namun juga antarpengusaha, dan antarrakyat.

Dikatakan bahwa hubungan antara kedua negara telah terjalin sejak lama, saat Turki masih di bawah Ottoman. Hubungan sejak masa lampau itu bisa dilihat di Aceh dan Banten. Pada masa lampau kesultanan di kedua daerah itu telah menjalin hubungan dengan Turki.

Dalam kesemptan itu juga diungkapkan bahwa hubungan Turki dengan Indonesia juga membuat ada daerah di Indonesia yang namanya diambil dari nama atau bahasa Turki.

Turki yang ingin memperbaiki sistem pemerintahan maka dalam pertemuan itu, Zekeriya bertanya mengenai sistem tata negara yang ada di Indonesia.

Pertanyaan tersebut dijawab dengan panjang lebar oleh Hidayat Nur Wahid dengan pengalaman Indonesia selepas era reformasi di mana Indonesia banyak mengalami perubahan yang mendasar, seperti adanya pemilu langsung.

Menurut Hidayat Nur Wahid masing-masing negara memiliki ciri tersendiri dalam masalah keparlementeran. "Indonesia memiliki ciri unik dan tersendiri dalam masalah ketatanegaraan," ujarnya.

BERITA TERKAIT
Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas