Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua MPR: Negara Mengakui dan Menghormati Hukum Adat di Indonesia

Pimpinan MPR, konsisten melaksanakan pembangunan kader bangsa termasuk masyarakat adat melalui pengalaman nilai-nilai Pancasila

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ketua MPR: Negara Mengakui dan Menghormati Hukum Adat di Indonesia
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (kanan), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan negara mengakui dan menghormati kesatuan dan persatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya.

Menurutnya, persatuan masyarakat hukum adat dilakukan sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip negara kesatuan Republik Indonesia yang diatur dalam undang-undang yang diatur dengan undang-undang adalah urusan yang tepat.

"Sebagaimana hukum adat kita diakui dan dihormati artinya hukum adat itu masih berlaku dan masih dianut oleh masyarakat modern yang bersangkutan ini konstitusi undang-undang dasar," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli juga mengatakan bahwa pimpinan MPR, konsisten melaksanakan pembangunan kader bangsa termasuk masyarakat adat melalui pengalaman nilai-nilai Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Siapapun agamanya, apapun agamanya di negeri ini bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas