Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Respon Ketua MPR Terkait Beberapa Isu Aktual Seputar Penanganan Pandemi Covid-19

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan tanggapannya terkait isu aktual seputar penanganan pandemi Covid-19.

Respon Ketua MPR Terkait Beberapa Isu Aktual Seputar Penanganan Pandemi Covid-19
Humas MPR RI
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada Sidang Tahunan MPR RI 2020 yang diselenggarakan di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020), Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampaikan tanggapannya terkait isu aktual seputar penanganan pandemi Covid-19.

Dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 misalnya, ia menyampaikan perlu adanya sanksi tegas agar masyarakat disiplin dalam menjalankannya.    

“Perlu adanya sanksi tegas agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang diatur dalam peraturan daerah/Perda, namun penyusunan Perda masih membutuhkan waktu hingga akhir tahun sementara kasus Covid-19 di daerah masih terus meningkat,” ujarnya.

Ia pun menjabarkan beberapa langkah yang harus dilakukan seperti pertama, mendorong agar dalam penyusunan Perda tersebut dapat mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, serta mencerminkan rasa keadilan dan perlindungan terhadap masyarakat.

Kedua, mendorong pemerintah daerah/Pemda yang belum memiliki Perda terkait kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, agar segera menyusun Perda bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar petugas mempunyai dasar untuk menindak bagi masyarakat yang abai terhadap ketentuan yang ditetapkan Pemda, khususnya ketentuan mengenai protokol kesehatan.

Ketiga, mendorong aparat yang bertugas dalam upaya meningkatkan disiplin untuk dapat menekan laju penyebaran Covid-19 di masyarakat, "Serta harus didukung oleh aparat kepolisian dan TNI. Selain itu, masyarakat juga harus peduli akan keselamatan dirinya masing-masing," ujarnya.

Keempat, mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi dalam menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan melakukan jaga jarak/physical distancing.

Selain itu, terkait masih adanya sejumlah permasalahan dalam penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan rendahnya penyerapan anggaran, ada beberapa langkah yang dijabarkan Ketua MPR RI ini.

Pertama, mendorong pemerintah berupaya secara optimal dalam penanganan pandemi Covid-19, seperti dalam pelaksanaan rapid test, swab test, pelacakan/tracing, dan pelaksanaan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, mendorong pemerintah agar segera merealisasikan penyerapan anggaran untuk seluruh penanganan Covid-19 secara maksimal, demikian juga penyerapan anggaran dari Program Pemulihan Ekonomi/PEN agar dapat tercapai sesuai target, dikarenakan hingga saat ini anggaran PEN yang terserap baru Rp 151,25 triliun dari total Rp 695,2 triliun keseluruhan anggaran PEN.

Halaman
12
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas