Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bamsoet Respons Beragam Isu, Mulai dari Varian Baru Corona hingga Sistem Tilang Elektronik

BErikut respons Ketua MPR Bambang Soesatyo terkait beragam isu aktual, mulai dari varian baru virus Corona, vaksin Covax AMC, hingga penerapan ETLE.

Bamsoet Respons Beragam Isu, Mulai dari Varian Baru Corona hingga Sistem Tilang Elektronik
Istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo telah melaporkan surat pemberitahuan tahunan pajak penghasilan (SPT Tahunan PPh) tahun pajak 2020, melalui e-filing milik Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan. 

TRIBUNNEWS.COM ‐ Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi bertambahnya penularan kasus varian baru Covid-19 asal Inggris bersandi B117 di Tanah Air. Sedikitnya ditemukan empat kasus B117 baru hingga Senin (8/3.2021), sehingga terhitung enam orang Indonesia telah terinfeksi, respon Ketua MPR RI:

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menanggapi isu aktual tersebut. Pertama, MPR mendorong pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama Satgas Penanganan Covid-19 jangan sampai lengah terhadap perkembangan dan penyebaran varian baru Covid-19 B117 tersebut. 

Kedua, pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama pemerintah daerah secara bersama melakukan percepatan vaksinasi Covid-19, khususnya bagi kelompok prioritas ataupun kelompok rentan agar dapat mencapai kekebalan kelompok. Mengingat, vaksin yang sekarang digunakan pemerintah dinilai masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus sehingga tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok.

Ketiga, MPR mendorong pemerintah untuk menyiapkan anggaran untuk melakukan riset dan penelitian agar Kemenkes bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) serta para pakar virus dapat terus melakukan penelitian/riset terkait varian baru ini (B117) agar dapat diketahui pasti karakteristik dari varian B117 sehingga upaya-upaya pencegahan pun dapat segera dilakukan.

Keempat, MPR juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, namun harus tetap waspada serta disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, disamping turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah.

Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covax AMC tiba di Indonesia pada Senin (8/3/2021). Pengiriman vaksin buatan AstraZeneca tersebut merupakan gelombang pertama melalui skema kerja sama multilateral, respons Ketua MPR RI:

1) Mengapresiasi upaya pemerintah yang telah berhasil mendatangkan vaksin Covax AMC ke Indonesia melalui jalur multilateral, guna memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri.

2) Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Satgas Penanganan Covid-19 untuk dapat melakukan percepatan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 secara nasional dengan memanfaatkan stok baru vaksin Covax AMC.

3) Meminta pemerintah untuk terus berkomitmen memenuhi kebutuhan akan vaksin Covid-19 di Indonesia dengan berupaya dan bernegosiasi guna menambah pasokan vaksin untuk memenuhi program vaksinasi nasional.

Pemerintah akan melakukan impor beras sebanyak 1 juta ton dengan alasan untuk menjaga stok beras nasional serta menjaga pasokan beras untuk bantuan sosial/bansos selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat/PPKM, sekaligus sebagai langkah antisipasi berkurangnya persediaan pasokan beras akibat banjir yang terjadi di sejumlah daerah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas