Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ribuan Petani Serbu Istana Negara

Seribu orang petani yang tergabung dalam Panitia Bersama Peringatan Hari Tani Nasional ke 50 melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara.

Editor: Prawira
zoom-in Ribuan Petani Serbu Istana Negara
TRIBUNNEWS.COM/WILLY W
Aksi ribuan petani di Istana Negara dalam rangka Hari Tani Nasional, Jumat (24/9/2010). 
Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar seribu orang petani yang tergabung dalam Panitia Bersama Peringatan Hari Tani Nasional ke 50 melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara.

Dalam aksinya mereka menuntut Badan Pertanahan Nasional, Kepolisian dan DPR untuk segera menjalankan mandat UUD 1945 dan UU Pokok Agraria Tahun 1960 bahwasanya bumi, air dan kekayaan alam harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Tidak hanya itu, mereka juga meminta redistribusikan segera 9,6 juta hektar tanah kepada rakyat tani melalui pembaruan agraria nasional. Selanjutnya, mereka juga menolak proyek food estate.

"Lindungi pertanian kecil berbasis keluarga dan tolak korporatisasi pertanian terutama proyek food estate," ujar Koordinator Aksi, Henry Saragih kepada Tribunnews.com, Jumat(24/9/2010).

Panitia Bersama Peringatan Hari Tani Nasional ke 50 juga menginginkan penghentian kekerasan dan kriminalisasi terhadap petani. "Segera buat undang-undang perlindungan Hak Azasi Petani,"jelasnya.

Massa petani tidak lupa meminta untuk mencabut UU Perkebunan, UU Kehutanan, UU Minerba, UU Penanaman Modal, Konservasi Sumber Daya Alam, Perikanan, Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil serta terakhir UU Perlindungan Varietas Tanaman.

Semuanya dianggap melanggar dan bertentangan dengan Pancasila, UUD 45 dan UU Pokok Agraria tahun 1960. Komisi Ad hoc penyelesaian Konflik Agraria dan Pelaksanaan Reforma Agraria juga diminta segera dibentuk dan terakhir menetapkan tanggal 24 September sebagai Hari Tani Nasional.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas