Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Tak Kompak dalam Agenda Pembahasan Kepentingan

- Dalam penyelenggaraan KTT ASEAN pemerintah Indonesia dinilai tidak kompak dalam pembahasan agenda kepentingan negara.

Editor: Gusti Sawabi
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Dalam penyelenggaraan KTT ASEAN pemerintah Indonesia dinilai tidak kompak dalam pembahasan agenda kepentingan negara. Ego sektoral antar kementerian masih terlihat.

"Ego sektoral kementerian masih terlihat, Menakertrans kemarin mengatakan ASEAN akan membahas buruh migran ia meminta untuk dibahas, tapi Menlu bilang karena ada resistensi dua negara Malaysia dan Singapura pembahasan itu belum dilakukan. Itu memperlihatkan kita tak satu suara agenda Indonesia di Asean," ujar Analis Kebijakan Migrant Care, Wahyu Susilo saat acara diskusi Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (7/5/2011).

Menurut Wahyu, sebenarnya permasalahan besar di tataran pemerintah Indonesia adalah mengenai owner ship sebagai Ketua ASEAN. Mereka lanjut Wahyu tidak bisa memanfaatkan posisi tersebut untuk posisi tawar agenda-agenda penting negara.

"Permasalahan besar adalah owner ship sebagai Ketua ASEAN," jelasnya.

Wahyu juga meminta KTT ASEAN tidak hanya dimiliki pemerintah saja, seluruh rakyat Indonesia harus tahu apa itu Asean beserta hasil-hasilnya.

Selama ini Wahyu memandang rakyat kurang pengetahuannya mengenai Asean. Padahal posisi Indonesia sangat penting di organisasi negara Asia Tenggara tersebut.

"Tak ada anggapan ASEAN hanya urusan Kemlu dan Kementerian lainnya tingkat pengetahuan mengenai ASEAN di mata rakyat rendah, banyak yang belum tahu siapa saja pimpinan ASEAN," tandasnya.




Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas