Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PT DGI Aktif Minta Bantuan untuk Dimenangkan

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Pengadaan, Arifin kala bersaksi untuk terdakwa Wafid Muharam

Penulis: Vanroy Pakpahan
Editor: Yudie Thirzano
zoom-in PT DGI Aktif Minta Bantuan untuk Dimenangkan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Mantan Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Wafid Muharam, menjalani persidangan lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta Selatan dengan agenda mendengarkan kesaksian Direktur Utama PT.Duta Graha Indah (DGI) Dudung Purwadi, Rabu (14/9/2011). Dalam sidang itu, tim pembela Wafid Muharam meminta kepada Majelis Hakim Tipikor untuk menghadirkan Menpora Andi Mallarangeng untuk menjadi saksi pada persidangan selanjutnya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Duta Graha Indah Tbk ternyata pro aktif meminta bantuan Panitia pengadaan pembangunan Wisma Atlet agar dimenangkan dalam proses tender proyek senilai Rp 191,6 miliar itu.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Pengadaan, Arifin kala bersaksi untuk terdakwa Wafid Muharam di Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor), Jakarta, Rabu (19/10/2011).

"Ada dari PT DGI Tbk sendiri yang datang. Pak Idris dan Wawan Karmawan. Pesannya minta dibantu," tuturnya di Pengadilan tipikor. Di sisi lain kesaksiannya, Arifin menegaskan Wafid tak pernah memintanya untuk membantu memenangkan PT DGI Tbk.

Arifin mengatakan, dalam proses prakualifikasi pengadaan proyek ini, ada 7 perusahaan lain yang ikut serta selain PT DGI Tbk. Dari delapan perusahaan itu, hanya empat perusahaan yang lolos kualifikasi, yaitu PT DGI Tbk, Nidya Karya, Waskita Karya dan Wijaya Karya.

"Pemenangnya PT DGI, karena sesuai tahapan secara admintrasi dokumennya lengkap dan penawarannya rendah," ucapnya.

Dalam kesaksiannya, Arifin mengakui menerima hadiah berupa uang senilai Rp 50 juta dari Idris. Uang itu diterimanya pada medio Maret silam. Uang, katanya, diterima setelah kontrak kerja ditandatangani.

"Kami tidak merasa membantu, ada dia beri itu, saya khilaf menerima itu, yang beri langsung Pak Idris," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas