Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Diminta Usut Dana Otsus Papua

Anggota Komisi III DPR Aboebakar Al Habsy meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dana otonomi khusus Papua

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KPK Diminta Usut Dana Otsus Papua
Rahmad Hidayat/Tribunnews.com
Anggota Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Aboebakar Al Habsy meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dana otonomi khusus Papua. Komisi III DPR meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelidiki dana otonomi khusus (Otsus) untuk Papua. Apalagi, hingga kini sudah lebih dari Rp 28 triliun dana telah digelontorkan. Tetapi, kondisi di Papua masih belum ada hasilnya.

"Sudah saatnya KPK turun untuk supervisi. Ini merupakan bagian dari fungsi pencegahan agar dana otsus bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Sedang atas temuan BPK tentang penyelewengan dan kerugian negara KPK harus segera melakukan pemeriksaan," ujar Aboebakar dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Sabtu (29/10/2011).

Menurut Aboebakar,sudah saatnya hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah, pasalnya meski sudah ada dana besar digelontorkan namun kondisi masyarakat Papua belum sejahtera.

"Mereka masih bergelimang kemiskinan, kesulitan akses kesehatan dan rendahnya layanan pendidikan di wilayah Papua. Karenanya harus dicari akar persoalannya, pasti ada some thing wrong disini,"pungkasnya.

Sebelumnya, BPK menemukan tentang adanya kerugian negara sebesar Rp319 milyar oleh BPK dan ini harus mendapat perhatian serius dan ditindaklanjuti secara hukum.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas