Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rosa: Alex Noerdin Sudah Dapat Duit Saat Proyek Masih Tender

Mencairkan jatah fee 2,5 persen dari total nilai proyek Rp 191 miliar Wisma Atlet untuk Gubernur Sumsel Alex Noerdin..

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Prawira
zoom-in Rosa: Alex Noerdin Sudah Dapat Duit Saat Proyek Masih Tender
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Mindo Rosalina Manulang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mindo Rosalina Manulang, terpidana kasus suap Wisma Atlet, mengatakan perusahaan Nazaruddin PT Duta Graha Indah (DGI) telah mencairkan jatah fee 2,5 persen dari total nilai proyek Rp 191 miliar Wisma Atlet untuk Gubernur Sumsel Alex Noerdin..

Demikian diungkap Rosa saat bersaksi untuk terdakwa suap Wisma Atlet, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (16/1/2012).

Menurut Rosa yang merupakan Direktur Marketing PT Anak Negeri, fee 2,5 persen untuk Alex Noerdin itu dicairkan oleh Manager Marketing PT Duta Graha Indah Tbk Muhamad El Idris.

Alex Noerdin sudah meminta jatah fee tersebut lebih dulu kendati proyek itu tengah ditenderkan. Jika permintaan fee tersebut tidak diberikan, Alex mengancam akan mempersulit pelaksanaan tender bagi DGI.

"Untuk Gubernur Sumatera Selatan waktu itu, minta 2,5 persen," beber Rosa.

Menurut Rosa, selain Gubernur Selatan selaku penguasa wilayah tempat penyelenggaraan SEA Games, Idris juga menganggarkan jatah fee untuk Ketua Komite dan Panita Pembangunan Wissma Atlet sebesar 3 persen dan DPR sebesar 5 persen.

Masih berdasarkan pengakuan Idris saat itu, lanjut Rosa, fee untuk Gubernur Sumsel dan Ketua Komite telah dicairkan saat Idris dipanggil ke Palembang. Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ketua Komite dan Panitia tidak mau fee untuk mereka diberikan melalui Rosa.

BERITA TERKAIT

"Ros, saya harus terbang ke Palembang karena dananya sudah cair, ini harus kita urus 2,5 persen dan 3 persen untuk mereka (Alex dan Ketua komite serta panita)," ujar Rosa menirukan pengakuan Idris saat itu. (Abdul Qodir)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas