Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BIN Bantah Ikut Bermain di Papua

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Marciano Norman, membantah anggotanya terlibat dalam sejumlah rentetan

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in BIN Bantah Ikut Bermain di Papua
Chanry Andrew Suripatty
Buchtar Tabuni, Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) saat dibawa oleh aparat Kepolisian dari Reskrim Polda Papua menuju ruang pemeriksaan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Marciano Norman, membantah anggotanya terlibat dalam sejumlah rentetan penembakan guna mengacaukan keamanan di bumi Papua.

BIN justru menyimpulkan Organisasi Papua Merdeka (OPM) lah yang terlibat selama ini membuat Papua makin bergejolak.

"Saya rasa, apa kepentingannya kalangan internal bermain? Papua itu sejahtera, pembangunan Papua berjalan baik, seperti provinsi-provinsi lainnya, dan ini harapan semua bangsa indonesia. Jadi, untuk apa ciptakan masalah itu? Sementara informasi saya tidak lihat adanya hal seperti itu," kata Marciano di DPR, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Menurut Marciano, anggotanya masih terus mengumpulkan data dan mengumpulkan informasi ada tidak kaitan gangguan keamanan itu dengan Pilkada di Papua. Sebab, kejadian yang sama ditemui saat gangguan keamanan di Aceh beberapa waktu lalu.

"Ini harus kami garap lagi. Di Aceh menjelang Pemilukada ada intimidas-intimidasi teror-teror seperti itu kepada masyarakat. Itu ada kemungkinannya," jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Marciano, pihak BIN baru sebatas menyimpulkan bahwa pelaku gangguan keamanan di Papua pada sebulan terakhir adalah OPM. Tidak ada asing. Yang pasti ada adalah OPM," tandasnya.

Baca Juga:

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas