Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Data Korban Tewas Kecelakaan Masih akan Dievaluasi

Menteri Perhubungan EE Mangindaan masih akan mengklarifikasi angka pemudik yang tewas akibat kecelakaan.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
zoom-in Data Korban Tewas Kecelakaan Masih akan Dievaluasi
Kompas Jatim/Bahana Patria Gupta
Pemudik dengan sepeda motor mengantri di pintul tol Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/8/2012). H-2 merupakan puncak arus mudik menuju Pulau Madura di Jembatan Suramadu dengan jumlah kendaran yang melintas sebanyak 70.000 kendaraan. (Kompas/Bahana Patria Gupta) (BAH) 17-8-2012 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Menteri Perhubungan EE Mangindaan masih akan mengklarifikasi angka pemudik yang tewas akibat kecelakaan. Hingga 17 Agustus 2012 seperti dirilis NTMC yakni sudah tembus 398 jiwa. Menurutnya, data tersebut masih harus dievaluasi lagi.

"Data sekian ratus itu belum tentu benar. Kan yang ratusan itu dimasukkan yang tidak ikut mudik. Sehingga kita masih evaluasi," tanggapan Mangindaan, usai Silaturahmi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (19/8/2012).

Namun, dia turut prihatin atas jatuhnya korban jiwa maupun luka-luka saat arus mudik berlangsung. "Kalau ada korban-korban kita prihatin sekali. Sehingga mesti hati-hati. Nanti kita evaluasi semua," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, hingga H-1 lebaran, terjadi 2.309 kecelakaan selama arus mudik. 398 orang diantaranya meninggal dunia.

"Berdasarkan data Korlantas Polri, jumlah kejadian kecelakaan sampai dengan tanggal 17 Agustus 2012 malam yaitu terdapat 2.309 kecelakaan," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (18/8/2012).

Korban meninggal dunia meningkat dibandingkan data H-2 lebaran. "398 meninggal dunia, 583 luka berat, dan 2.068 luka ringan," katanya.

Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas tahun lalu terdapat 2.535 kecelakaan dengan rincian 400 meninggal dunia, 655 luka berat, dan 1.634 luka ringan.

"Dibandingkan dengan hari yang sama dengan tahun lalu jumlah kecelakaan menurun 8,9 persen dan jumlah korban meninggal dunia juga menurun 0,5 persen," jelasnya.
Andri MALAU

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas