Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK: Gugatan Tak Hentikan Proses Penyidikan

Gugatan perdata yang dilayangkan pihak Korlantas Polri terkait penyitaan barang bukti, dinilai tidak mempengaruhi proses penyidikan di Komisi

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in KPK: Gugatan Tak Hentikan Proses Penyidikan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Juru bicara KPK, Johan Budi SP 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gugatan perdata yang dilayangkan pihak Korlantas Polri terkait penyitaan barang bukti, dinilai tidak mempengaruhi proses penyidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, gugatan tersebut, sebagaimana peraturan yang berlaku, tidak dapat menangguhkan proses hukum pidana yang tengah diusut KPK.

"Jadi, penyidikan kasus ini (Simulator SIM) akan tetap berjalan," kata Juru Bicara KPk, Johan Budi di kantornya, Jakarta, Senin (29/10/2012). Terlebih, menurut Johan, yang digugat adalah barang bukti yang tidak berkaitan dengan kasus Simulator SIM.

Seperti diberitakan, Korlantas Polri menggugat KPK terkait penyitaan sejumlah barang bukti kasus dugaan korupsi simulator SIM. Korlantas berharap agar dokumen yang tidak ada kaitannya dengan kasus segera dikembalikan. Karena, hal itu telah mengganggu pelayanan publik dan menimbulkan kerugian miliaran rupiah.

Sidang gugatan ksendiri akan digelar di Pengadilan Jakarta Selatan pada awal November 2012. KPK sendiri telah siap menghadapi sidang tersebut.

Saat dikonfirmasi, apakah benar ada ada barang bukti yang tidak berkaitan dengan kasus Simulator juga disita KPK. Johan tidak dapat memastikannya.

Dia menerangkan, proses sortir barang bukti dugaan keterlibatan para tersangka Simulator SIM belum selesai dan masih dibutuhkan KPK.

"Validasi barang bukti di KPK itu, biasanya di proses penyidikan. Kalau sudah ke Penuntutan, dan ada barang bukti yang tidak berkaitan, nanti akan dikembalikan," kata Johan.

Klik:


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas