Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Poempida Hidayatulloh Beri Saran Menkes Nafsiah Mboi

Anggota Baleg DPR Poempida Hidayatulloh mengatakan Menteri Kesehatanm (Menkes) Nafsiah Mboi semestinya

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Poempida Hidayatulloh Beri Saran Menkes Nafsiah Mboi
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi (kiri) mendapatkan kenang-kenangan dari Citi Country Officer Indonesia, Tigor M Siahaan (kanan) dalam acara pemberian penghargaan kepada perawat perempuan dari Citi Indonesia Women Council, di Jakarta, Jumat (8/3/2013). Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Hari Perempuan Internasional, kepada perawat teladan yang mendedikasikan diri untuk memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Baleg DPR Poempida Hidayatulloh mengatakan Menteri Kesehatanm (Menkes) Nafsiah Mboi semestinya memprioritaskan sasaran strategis program kesehatan sebagaimana dalam Rencana Kegiatan Program Kementerian. Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com, Minggu (23/3/2013).

Contohnya, kata Poempida, persiapan menyambut BPJS yang tidak boleh diremehkan oleh Menkes. Menurutnya, sasaran strategis yang mestinya mengakomodasi arah kebijakan justru tidak ada.

Ia mencontohkan sasaran strategis untuk Peningkatan Ketersediaan, Pemerataan, Keterjangkauan, Jaminan Keamanan, Khasiat/Manfaat dan Mutu Obat, Alat Kesehatan, dan Makanan, serta Daya Saing Produk Dalam Negeri, adalah Meningkatnya Ketersediaan dan pengawasan Obat dan Makanan.

“Kesannya arah kebijakan kok bisa lebih detail dari sasaran? Sasaran sangat tidak mengakomodasi arah kebijakan!,” tegas anggota Komisi IX ini.

Poempida juga mempertanyakan sasaran-sasaran strategis lain yang dinilai semu. Mana sasaran dari arah kebijakan Penanggulangan Bencana dan Krisis Kesehatan? Mana sasaran untuk Peningkatan Upaya Kesehatan yang Menjamin Terintegrasinya Pelayanan Kesehatan Primer, Sekunder dan Tersier? Mana sasaran untuk Peningkatan Kualitas Manajemen Pembangunan Kesehatan, Sistem Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan?“Menkes semestinya benar-benar serius memperhatikan kebutuhan kesehatan rakyat,” tegasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas