Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berhasil Tingkatkan Produksi Pangan, FAO Beri Indonesia Penghargaan

Direktur Jenderal FAO Jose Graziano da Silva mengungkapkan hal tersebut kepada Menteri Pertanian RI Suswono dalam acara jamuan makan malam

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Berhasil Tingkatkan Produksi Pangan, FAO Beri Indonesia Penghargaan
ISTIMEWA
Menteri Pertanian RI Suswono menerima Dirjen FAO Jose Graziano da Silva, Senin (27/5) di Kementerian Pertanian, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Graziano menyampaikan rencana FAO memberikan penghargaan kepada Indonesia atas keberhasilan mengatasi persoalan kemiskinan dan kelaparan. Program Desa Mandiri Pangan oleh Graziano disebut berperan signifikan atas keberhasilan itu. 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Food and Agricultural Organizations (FAO) menilai Indonesia merupakan satu dari 35 negara di dunia yang berhasil mencapai target Millenium Development   Goals (MDGs) untuk upaya mengatasi kemiskinan dan kelaparan. Atas keberhasilan itu, badan dunia untuk pangan dan pertanian di bawah PBB ini akan memberikan penghargaan kepada pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal FAO Jose Graziano da Silva mengungkapkan hal tersebut kepada  Menteri Pertanian RI Suswono dalam acara jamuan makan malam yang diselenggarakan Kementerian Pertanian, Senin (27/5) malam di Jakarta.

 Menurut Graziano, penghargaan akan diserahkan pada konferensi FAO yang akan digelar pertengahan Juni 2013 mendatang di Roma, Italia. “Saya berharap dapat berjumpa Anda di sana, DR Suswono,” ujar Graziano

Dalam rilis Kementerian Pertanian yang disampaikan kepada Tribun,Selasa (28/5/2013) Graziano mengemukakan, keberhasilan Indonesia melawan kemiskinan dan kelaparan salah satu faktornya adalah keberhasilan Indonesia meningkatkan produksi pangan lewat program ketahanan dan kedaulatan pangan.

“Kebijakan dan program Anda adalah faktor yang sangat signifikan dalam upaya melawan kelaparan di Indonesia,” tegas Graziano, yang tidak lain adalah adik mantan Presiden Brazil Lula da Silva ini.

Graziano menyebut salah satu contoh program Kementerian Pertanian yang dinilai membantu mengatasi masalah kemiskinan dan kelaparan adalah Program Desa Mandiri Pangan (demapan).

Demapan merupakan program aksi yang dilaksanakan Kementerian Pertanian dengan tujuan untuk mengurangi rawan pangan dan gizi melalui pendayagunaan sumber daya, kelembagaan dan kearifan lokal perdesaan.

Dalam kesempatan itu, Mentan menyambut gembira kabar yang disampaikan Dirjen FAO tersebut. Apa yang dilakukan pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Pertanian dalam upaya mengatasi persoalan pangan saat ini sejatinya sejalan dengan  visi dan misi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas