Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hanura Curiga Wiranto Dijegal Capres Lewat RUU Pilpres

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi Hanura, Djamal Azis, curiga ada upaya menjegal Ketua Umum Partai Hanura Wiranto

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Hanura Curiga Wiranto Dijegal Capres Lewat RUU Pilpres
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ketua Umum Hanura Wiranto ketika mendeklarikan diri sebagai calon Presiden yang akan bertarung dalam Pilpres 2014 di deklarasikam di Hotel Grand Mercure, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013). Deklarasi calon presiden dan wakilnya 2014 ini pertama partai politik. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dari Fraksi Hanura, Djamal Azis, curiga ada upaya menjegal Ketua Umum Partai Hanura Wiranto jadi Capres melalui Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Pastilah ada upaya menjegal lewat UU ini," kata Djamal usai rapat Baleg DPR membahas RUU Pilpres di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Rapat Baleg kembali tidak menghasilkan keputusan apa-apa mengenai RUU Pilpres. Hasil rapat memutuskan pembahasan RUU Pilpres ditunda sampai masa persidangan berikutnya dan harus ada keputusan sebelum tahapan awal Pilpres 1 Oktober dimulai.

Masalah presiden treshold (Preshold) atau ambang batas pengajuan calon Presiden menjadi perdebatan utama. Hanura menginginkan tidak ada Preshold atau dengan kata lain Preshold 20 persen yang diatur dalam UU Pilpres sebelumnya dihapuskan.

Hanura khawatir dengan Preshold yang terlalu besar akan menghambat Wiranto jadi Capres.
"Masa yang punya partai tidak bisa mencalonkan Presiden. Di UU, independen saja bisa ikut Capres," kata Djamal.

Ketua DPP Partai Hanura ini menegaskan sebaiknya diberikan kesempatan kepada 12 partai peserta Pemilu untuk mengajukan Capres.

"Apalagi kalau nanti Pemilu Legislatif dan Pilpres digelar bersamaan maka rakyat diuntungkan, berapa besar efisiensi yang dihasilkan dari situ," kata Djamal.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas