Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bawaslu: DPS Tak Berkualitas Menghasilan DPT Buruk

Bawaslu menekankan pengawasan proses pemutakhiran data pemilih sementara dari tingkat terendah yakni di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penulis: Y Gustaman
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Bawaslu: DPS Tak Berkualitas Menghasilan DPT Buruk
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yogi Gustaman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menekankan pengawasan proses pemutakhiran data pemilih sementara dari tingkat terendah yakni di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota Bawaslu, Daniel Zuchron saat dihubungi di Jakarta, Minggu (21/7/2013), mengaku sebagai lembaga penyelenggara pemilu pihaknya merasa wajib meningkatkan kualitas DPS yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Karena ini kegiatannya berlapis, fokusnya di TPS dan kelurahan atau desa. Kalau disitu saja gagal, ya runtuh semua. (DPS) Ini ibarat istana pasir. Dari TPS ke kelurahan gagal mengajukan data yang real, akibatnya gagal lah," terang Daniel.

Karena 99 persen Daftar Pemilih Tetap berasal dari DPS, KPU harus menyelesaikan persoalan pemutakhiran daftar pemilih ini dengan ketat. Mulai dari struktur bawah sampai struktur atas. Tanpa manajemen yang bagus, potensi pelanggaran bakal terjadi.

Daniel mengakui, hasil laporan pengawasan di lapangan menunjukkan, masih adanya Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang masih bekerja. Padahal masa pendataan pemilih sudah kelar. Namun, katanya, ini tak murni kesalahan KPU.

"Normalnya saat ini memang sudah selesai. Tapi di daerah varian masalahnya banyak sekali. Bawaslu sudah mengatakan bahwa ini harus segera diperbaiki, tapi karena memang saking dalamnya persoalan itu maka kita sulit," terangnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas