Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapolri Mutasi Enam Kapolda

Kapolri Jenderal Timur Pradopo kembali memutasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Kapolri Mutasi Enam Kapolda
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Timur Pradopo kembali memutasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah.

Berdasarkan surat telegram yang diperoleh wartawan bernomor ST/1772/IX/2013, ada enam Kapolda yang dimutasi.

Dalam surat telegram yang dikeluarkan 9 September 2013, ada 164 perwira menengah dan perwira tinggi yang dimutasi.

Kebanyakan, perwira yang dimutasi karena memasuki masa pensiun, mulai dari perwira tinggi bintang dua (Inspektur Jenderal) hingga Komisaris Besar. Sebagian lagi merupakan bagian dari promosi jabatan, mulai dari perwira tinggi polisi bintang satu (Brigadir Jenderal) sampai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie, membenarkan adanya mutasi jabatan. Ada tiga alasan yang menyebabkan Kapolri merotasi jabatan, di antaranya karena pensiun, promosi jabtan, dan dalam rangka penyegaran organisasi kepolisian.

“Ada beberpa perwira tinggi dan perwira menengah yang pensiun, sehingga perlu dimutasi dan memberikan kesempatan kepada pewira menengah dan perwira tinggi menempati jabatan yang kosong,” kata Ronny saat ditemui Tribunnews.com di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2013).

Salah satu perwira tinggi yang dimutasi adalah Irjen Benny Jozua Mamoto, yang diperbantukan di BNN sebagai Direktur Narkotika Alami Deputi Bidang Pemberantasan.

BERITA TERKAIT

Ia kini ditempatkan sebagai perwira tinggi di Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri karena memasuki masa pensiun. Berikut nama Kapolda yang dimutasi:

1. Irjen Arif Wachyunadi yang kini menjabat sebagai Kapolda Bali, menempati jabatan baru sebagai Asisten Operasi Polri yang ditinggalkan Komjen Badrodin Haiti, yang kini menjabat Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan.

Jabatan Kapolda Bali diisi Brigjen Albertus Julius Benny Mokalu, yang kini menjabat Kapolda Bengkulu. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Benny Mokalu diisi Brigjen Tatang Somantri, yang kini menjabat Karobinopsnal Baharkam Polri. Sementara, jabatan Karobinopsnal Baharkam Polri diisi Kombes Ghufron.

2. Kapolda Banten Brigjen Eddy Sumantri diangkat menjadi Sahlisosbud Kopolri. Sementara, jabatan Kapolda Banten diisi Brigjen Muhammad Zulkarnain yang sebelumnya menjabat Kabagbingadikrobindiklat Lemdikpol.

Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Muhammad Zulkarnain diisi Kombes Musyafak, yang kini menjabat Kaprodi S2 Ditprogram Pasca-sarjana STIK Lemdikpol.

3. Kapolda Gorontalo Brigjen Budi Waseso diangkat menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri. Kapolda Gorontalo diisi Brigjen Andjaja, yang sebelumnya menjabat Karo Rbp Srena Polri. Jabatan yang ditinggalkan Brigjen Andjaja diisi Kombes M Naufal Yahya.

4. Kapolda Kalimantan Barat Tubagus Dwi Apriyanto diangkat menjadi Kepala Sekolah Pembentukan calon Perwira (Kasetukpa) Lemdikpol, menggantikan Brigjen Jodie Rooseto yang saat ini dipercaya menjadi Sahlijemen Kapolri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas