Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Artefak yang Hilang Ada di Thailand? Polisi Gandeng Interpol

Polisi belum menemukan titik terang dalam penyelidikan kasus hilangnya 4 artefak emas dari Museum Nasional atau Museum Gajah

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Artefak yang Hilang Ada di Thailand? Polisi Gandeng Interpol
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan (kanan) bersama Kepala Museum Nasional Intan Mardiana menunjukan gambar lempengan benda bersejarah yang hilang dicuri, saat jumpa pers dengan wartawan di Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/9/2013). Diketahui empat benda bersejarah berupa lempengan terbuat dari emas hilang dari lemari tempat penyimpanan, di ruang Arkeologi gedung A, lantai 2 Museum Nasional. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Warta Kota, Budi Sam Law Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi belum menemukan titik terang dalam penyelidikan kasus hilangnya 4 artefak emas dari Museum Nasional atau Museum Gajah, yang dilaporkan ke polisi, Kamis (12/9/2013) lalu. Setelah hampir 3 minggu, polisi belum juga menetapkan siapa tersangka pelaku pencurian artefak.

Bahkan, kini berkembang kabar ke 4 artefak itu sudah berada di luar negeri dan di beberapa tempat. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, mengatakan pihaknya bersama interpol atau organisasi kepolisian internasional akan mengecek kebenaran sejumlah informasi yang mengatakan keberadaan 4 artefak emas yang hilang itu ada di luar negeri terutama di Thailand.

"Kami akan konfirmasikan lagi ke interpol dalam kaitan apakah benar keberadan artefak itu di Thailand atau di tempat lain yang diinformasikan," kata Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/10/2013).

Sejak awal, kata Rikwanto, pihaknya sudah bekerjasama dengan interpol, pihak imigrasi dan bandara-bandara untuk mencegah artefak lari ke luar negeri dan mengantisipasi artefak itu lari ke luar negeri.
Menurut Rikwanto penyelidikan kasus ini masih berjalan terus. Namun sampai saat ini kata Rikwanto pihaknya belum dapat menetapkan tersangka walau ada beberapa orang dalam yang dicurigai pihaknya.

"Kami juga periksa rekening keluarga dari orang dalam yang dicurigai," kata Rikwanto.

Rikwanto menuturkan pihaknya sudah menggelar rekonstruksi mini dan gelar perkara atas kasus ini pada Senin (30/9/2013).

BERITA TERKAIT

"Hasilnya masih dianalisis dan akan dibulatkan dengan hasil penyelidikan anggota, termasuk penyelidikan rekening orang dalam yang dicurigai," kata Rikwanto.

Rkwanto membantah jika pihaknya menemukan bahwa kasus ini ada unsur kesengajaan. "Yang jelas ini pencurian. Barang yang dicuri sangat berharga dan nilainya tak terukur dengan uang. Yang jelas memang ada pihak-pihak yang menginginkan barang ini," kata Rikwanto.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas