Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ricuh di Gedung MK Ujian Bagi Ketua Baru

Memang tugas ketua MK baru (Hamdan Zoelva) lebih berat dari pendahulunya (Akil Mochtar)

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ricuh di Gedung MK Ujian Bagi Ketua Baru
net
Irman Putra Sidin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pakar Hukum Tata Negara, Irman Putra Sidin, mengatakan rusuh yang terjadi di gedung Mahkamah Konstitusi (MK) adalah bentuk ujian yang harus dilewati oleh kepemimpinan MK baru guna mengembalikan kewibawaan MK.

"Memang tugas ketua MK baru (Hamdan Zoelva) lebih berat dari pendahulunya (Akil Mochtar) karena MK harus dibangun bukan mulai dari nol namun bisa jadi dari nilai 'minus'," kata Irman dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Menurut dia, banyak yang perlu dievaluasi sistem pngamanan persidangan termasuk meniscayakan fasilitas video conference di daerah dalam bersidang sehingga pendukung Pilkada tidak boleh berbondong-bondong ke Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, sidang putusan Pemilukada ulang Provinsi Maluku berlangsung ricuh di gedung Mahkamah Konstitusi.

Massa yang diduga berasal dari pasangan nomor urut Herman Adrian Koedoeboen dan Daud Sangadji mengamuk dan mengobrak-abrik ruang sidang pleno MK.

Sejumlah perabot di ruang sidang dirusak massa seperti televisi, meja, kursi, papan nama, dan lainnya. Polisi menangkap sejumlah perusuh.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas