Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dewan Pembina Demokrat Dicecar Soal Uang dari Kubu Anas

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Suaidi Marasabessy mengaku dicecar penyidik

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Dewan Pembina Demokrat Dicecar Soal Uang dari Kubu Anas
TRIBUNNEWS.COM
Suaidi Marasabessy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Suaidi Marasabessy mengaku dicecar penyidik perihal pemberian duit dan smartphone pada Kongres Partai Demokrat di Bandung, Jawa Barat, tahun 2010 lalu. Menurut Suaidi, barang-barang itu diberikan tim sukses Anas Urbaningrum.

Suaidi yang keluar kantor KPK sekitar pukul 14.45 WIB itu menjelaskan, dirinya bersama Ahmad dan Yosep Badweda (keduanya sekretaris dan anggota Komwas) dikonfirmasi soal pernyataan Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat Tiophan Benhard Silalahi, beberapa waktu lalu.

Saat itu, TB Silalahi mengatakan pernah mendapat laporan dari pengurus DPC soal adanya pemberian uang dan BlackBerry dari kubu Anas yang sumbernya disinyalir berasal dari proyek Hambalang.

"Jadi kami hanya datang untuk dimintai klarifikasi soal penjelasan (TB Silalahi)," kata Suaidi kepada wartawan.

Suaidi sendiri merupakan Wakil Ketua Komisi Pengawas, saat laporan DPC masuk pada 2012 silam. Menurut dia, penjelasan kepada penyidik KPK didasarkan atas laporan yang masuk ke Komwas.

Menurut mantan Pangdam Wirabuana itu, ketua DPC yang melapor menyebutkan, jika pemberian berasal dari tim sukses Anas Urbaningrum. Namun, dia tak menyebut berapa nominal uang dan dari mana sumber uang dan blackberry tersebut.

"Ya, sesuai dengan penjelasan dari pelapor sepertinya terjadi (pemberian uang dan BB). Kalau jumlahnya ada disebut satu-persatu tentu saya tidak punya wewenang untuk menyampaikan di sini, silakan bertanya kepada KPK karena mestinya KPK yang punya otoritas menyampaikan hasil pemeriksaan di BAP," ujarnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas