Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahli Tiga Bahasa, Harun Tembus Blokade Singapura

Harun berhari-hari tinggal di Pelabuhan Singapura, dan tak jarang ikut mondar-mandir Singapura-Tanjung Pinang.

Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Ahli Tiga Bahasa, Harun Tembus Blokade Singapura
Dok Mabes TNI Cilangkap/Wahyu Aj/Dok Mabes TNI Cilangkap/Wahyu Aj
Foto-toro dokumen penyambutan jenazah Pahlawan Nasional Prajurit KKO Usman dan Harun yang namanya akan dijadikan Kapal Perang TNI AL. (Dok Mabes TNI Cilangkap/Wahyu Aji) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kendati hanya menjadi anggota, peran Tohir alias Harun bin Said sangat vital. Pengalaman Harun menjadi pelayan kapal dagang memudahkan aksi sabotase di Singapura. Ia berhari-hari tinggal di Pelabuhan Singapura, dan tak jarang ikut mondar-mandir Singapura-Tanjung Pinang.

Selain itu, Tohir yang mirip orang Tionghoa ini menguasai tiga bahasa, yakni bahasa Inggris, Cina dan Belanda. Kepiawaian Tohir ini memudahkan operasi penyusupan ke Singapura.

Aksi penyusupan dimulai 8 Maret 1965, saat malam telah tiba. Tohir, Oesman dan Gani menggunakan perahu karet untuk menuju Singapura. Mereka mengarungi Selat Malaka.

Beberapa kali, aksi mereka dipergoki kapal patroli perairan Singapura. Namun, saat patroli datang mereka sudah terjun ke laut. Mereka bersembunyi di balik perahu karet. Begitu, patroli Singapura berlalu, mereka kembali menaiki perahu karet menuju Singapura.

Mereka baru tiba di Singapura pada 9 Maret 1965 pagi. Perahu karet yang mereka naiki lalu disembunyikan di semak-semak. Mereka kemudian menyebar untuk memetakan lokasi sabotase.

"Sasaran mereka tidak ditentukan secara pasti. Mereka dapat menentukan sasaran sendiri yang dapat mendatangkan kerugian terhadap musuh," tulis Murgiyanto. (Bersambung-)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas